Notifikasi di iPhone Muncul Sesuai Jadwal, Begini Caranya (iOS 15)

iPhone didesain agar Mama bisa mendapatkan informasi secara cepat dari apapun yang Mama install di dalamnya. Menggunakan Notification Center, semua yang diinfokan ke Mama akan terkumpul dalam satu tempat yang mudah diakses (cukup 1x swipe di layar, tergantung dari model iPhone).

Seiring waktu, tentu ada banyak aplikasi yang telah Mama install di dalam iPhone atau iPad. Di satu waktu, Mama pasti pernah mengalami saat bermacam aplikasi terus bergantian memberikan notifikasi. Alih-alih mendapatkan info yang cepat dan akurat, Mama justru malah terganggu dan kesulitan memilah notifikasi mana yang harus cepat dibaca dan mana yang bisa ditangguhkan. 

Di iOS 15, Notification Center mendapatkan pembaruan penting yang memungkinkan Mama memilah notifikasi untuk dicek di waktu-waktu tertentu saat Mama memang benar-benar ingin melihat iPhone untuk mengecek notifikasi yang masuk. Dalam hal ini Mama bisa menentukan untuk mengecek notifikasi pada jam 7 pagi saja, misalnya, atau saat jam makan siang. 

Secara umum notifikasi dari beragam apps bisa muncul di layar iPhone sewaktu-waktu. Karenanya, saat Mama mengeset agar notifikasi hanya muncul di jam makan siang maka semua notifikasi akan dikumpulkan atau diringkas agar muncul pada jam yang telah Mama tentukan. 

Disebut sebagai Scheduled Summary, cara ini memungkinkan Mama mengeset jam untuk mengecek notifikasi hingga 12 waktu berbeda. Sebagai contoh, Mama ingin agar notifikasi yang masuk ke iPhone sebelum jam 12 siang akan muncul di Notifications Center pada jam makan siang. Selain itu, Mama juga ingin agar notifikasi yang masuk setelah jam makan siang akan tampil di layar iPhone jam 5 sore saat Mama telah selesai bekerja. Notifikasi lain bisa Mama atur agar muncul di jam 11 malam setelah Mama selesai quality time bersma anak-anak.

Cara Meringkas Notifikasi di iPhone

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone atau iPad. 
  2. Tap Notifications.
  3. Pilih Scheduled Summary, geser toggle ke arah ON.

  4. Pilih aplikasi apa saja yang ingin Mama masukkan dalam ringkasan notifikasi.
  5. Atur waktu untuk ringkasan notifikasi. 
  6. Jika Mama ingin membuat ringkasan notifikasi lainnya, tap Add Summary.
  7. Tap A to Z di bawah Apps in Summary
  8. Pastikan aplikasi yang ingin Mama masukkan di ringkasan notifikasi telah aktif (ON).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama