Mengetik Lebih Cepat dengan Predictive Text di iPad (iPadOS 17)


Seperti namanya, fitur Predictive Text akan memberikan "saran kata" saat Mama mengetik di iPad. Tergantung setting bahasa keyboard di iPad, saran kata yang muncul di bagian atas onscreen keyboard akan mempercepat proses pengetikan menggunakan iPad.

Tidak hanya menyelesaikan kata yang tengah Mama ketik, fitur Predictive Text juga memasukkan "lampiran" yang akan Mama selipkan dalam ketikan tersebut. Sebagai contoh, saat Mama menulis di pesan teks untuk memberitahu lokasi tempat Mama berada saat ini maka saran lokasi akan muncul di opsi yang bisa Mama tap. Demikian halnya saat Mama mengetikkan "Ini nomor ponsel saya (spasi)," maka opsi nomor telepon akan muncul sehingga Mama tinggal tap saja untuk memasukkan dalam pesan yang akan Mama kirimkan.

Cara Menggunakan Inline Predictive Text di iPad

Selain Predictive Text, Mama juga bisa mendapati fitur Inline Predictive Text yang ada di iPad yang telah menjalankan iPadOS 17. Fitur ini serupa dengan yang ada di iPhone ya, Mams; yaitu munculkan saran kata berwarna abu tepat di sebelah huruf-huruf yang tengah Mama ketik.

Ketika Mama memutuskan untuk tap di salah satu kata yang disarankan oleh Inline Predictive Text, iPad akan otomatis memasukkan spasi setelah kata yang Mama pilih tersebut. Jika Mama masukkan  koma, titik atau tanda baca lainnya, spasi akan otomatis dihapus. Fitur ini tentu saja akan sangat membantu terutama bagi Mama yang bekerja di bidang penulisan ataupun jika Mama adalah mahasiswa yang banyak menulis tugas atau tengah menyusun skripsi di iPad.

Sebaliknya, jika kata yang disarankan di Predictive Text tidak ingin Mama ambil, Mama bisa tap pada kata awal yang Mama ketik sebelumnya, atau teruskan saja mengetik.


Cara mematikan Predictive dan Inline Predictive Text di iPad

Karena satu atau lain hal, bisa jadi fitur Predictive Text justru menggangu kegiatan Mama di iPad. Karenanya, Mama bisa dengan mudah mematikan fitur Predictive Text agar tidak muncul saat Mama mengetik di iPad. Perlu diketahui bahwa mematikan fitur Predictive Text di iPad berarti juga mematikan fitur Inline Predictive Text.

  • Di onscreen keyboard, tap and hold ikon smiley atau icon globe. Selanjutnya tap Keyboard Settings, matikan toggle Predictive.
  • Jika Mama menggunakan keyboard eksternal, silakan buka Settings app di iPad > General > Keyboard, lalu matikan Predictive.

Perlu dicatat bahwa meskipun fitur Predictive Text di iPad telah Mama matikan, iPad akan tetap mencoba memberikan saran koreksi kata ataupun menunjukkan kata yang salah ketik.  Untuk menerima saran koreksi kata, Mama bisa masukkan spasi atau tap Return (Enter).

Sebaliknya, jika tidak ingin mengambil koreksi kata yang disarankan, tap tanda “X.” Saat Mama kembali menemukan saran kata yang sama dan Mama kembali menolaknya hingga beberapa kali, iPad akan mempelajari penolakan tersebut dan akan berhenti memunculkan kata koreksi yang sama.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama