Ini 19 Fitur Baru iPadOS 17

iPadOS 17 dirilis untuk iPad baik yang memiliki Home button ataupun iPad yang tanpa Home button. Jika iPad yang Mama pakai ada dalam daftar iPad yang mendapatkan update iPadOS 17 maka dipastikan Mama akan bisa menikmati sebagian besar fitur baru iPadOS 17.

Ini 19 Fitur Baru iPadOS 17

1. Custom iPad Lock Screen

Ini adalah fitur yang paling dinanti pengguna iPad mengingat iPhone telah memiliki kemampuan custom Lock Screen saat Apple merilis iOS 16 satu tahun sebelum iPadOS 17 dirilis.

Menggunakan fitur custom Lock Screen, Mama akan bisa mengganti wallpaper iPad agar senada dengan wallpaper Home Screen ataupun memilih opsi wallpaper berbeda untuk Lock Screen dan Home Screen. Tidak hanya satu custom Lock Screen ya Mams, Mama bisa menyimpan sejumlah Lock Screen untuk iPad yang bisa Mama aktifkan kapanpun Mama mau.

2. Interactive Widgets



Tak hanya di Home Screen, kini dengan iPadOS 17 Mama bisa menempatkan widget di Lock Screen iPad. Yang tak kalah penting, widgets di Home Screen dan Lock Screen telah ditambahkan sejumlah fitur interaktif sehingga akan lebih bermanfaat untuk kegiatan Mama sehari-hari. Sebut saja, sebuah widget untuk memutar podcast akan bisa Mama pakai untuk mendengarkan podcast dari beberapa episode secara langung baik di Home Screen ataupun Lock Screen.

3. Messages


Menggunakan aplikasi Messages di iPad yang telah menjalankan iPadOS 17, Mama akan bisa bertukar data lokasi (share loc) langsung dari dalam chat. Tak hanya itu, Messages app jua memungkinkan Mama mengirim dan menerima pesan audio, ataupun mencari pesan tertentu dengan memanfaatkan fitur filter pencarian.

4. Sticker



Fitur baru sticker yang dibawa iPadOS 17 memberikan perbedaan mencolok bagi iPad. Bagaimana tidak, dengan koleksi bermacam sticker yang didesain penuh warna, Mama bisa menggunakan sticker di iPad tersebut untuk menghias foto ataupun menghias screenshot

Tak hanya itu, Mama bahkan bisa membuat stiker sendiri dengan memanfaatkan Memoji untuk kemudian digunakan di pesan chat Messages, Notes app atau aplikasi lain yang bisa menerima onscreen keyboard. Jika Mama punya banyak koleksi foto pribadi di gallery iPad, Mama bisa mengubahnya menjadi sticker.

5. FaceTime



Update FaceTime di iPadOS 17 memungkinkan Mama mengirim audio video balasan saat Mama tidak sempat menerima panggilan video call via FaceTime. 

Tak hanya itu, saat berlangsung video FaceTime juga bisa ditambahkan reactions seperti hujan confetti, hearts ataupun kembang api yang akan memenuhi layar iPad. Cara menambahkan reactions di FaceTime cukup mudah, hanya dengan menggunakan hand gesture saja ya, Mams. Sebagai contoh, Mama bisa mengacungkan dua jempol untuk membuat hujan kembang api saat video FaceCall berlangsung.

6. Health app



iPad akhirnya mendapatkan update untuk aplikasi Health yang sekarang sudah dioptimasi untuk layar besarnya. Melalui Health app di iPadOS 17, Mama bisa memantau kesehatan melalui layar iPad, termasuk perhitungan menstruasi setiap bulan, apakah sesuai jadwal, lebih cepat atau justru mundul dari tanggal seharusnya.

Yang tak kalah penting, Health app di iPad bisa Mama gunakan untuk meningkatkan kesehatan mental karena dilengkapi piranti untuk melacak kondisi mental Mama sehingga bisa turut menjaga emosi dalam kondisi stabil. Di luar itu, Health app di iPad juga terhubung dengan sumber-sumber artikel yang membahas pentingnya kesehatan mental serta tips terkait.

7. Screen Distance

Seperti namanya, fitur baru iPad di iPadOS 17 ini akan membantu Mama menjaga kesehatan mata dengan menunjukkan jarak terbaik antara mata dan layar iPad. Fitur Screen Distance bisa Mama temukan di dalam Screen Time yang akan mengingatkan Mama untuk menjaga jarak pandang ke iPad sebesar 12 inci atau sekitar 30cm. Screen Distance bisa Mama aktifkan melalui Settings app.

8. Keyboard

Keyboard app di iPad yang menjalankan iPadOS 17 akan meng-highlight kata-kata yang dianggap salah ketik. Fitur ini melengkapi fungsi autocorrect. Tap 1x pada highlight akan mengabaikan fungsi autocorrect sehingga Mama bisa tetap menggunakan kata yang Mama ketik sedari awal.

Selain itu Mama juga akan mejumpai fitur baru inline predictive text. Fitur ini serupa dengan yang Apple berikan di iPhone melalui update iOS 17. Dengan inline predictive text, prediksi kata akan bisa Mama lihat langsung di sebelah kata yang tengah Mama ketik. Jika dirasa mengganggu, Mama bisa langsung mematikan fitur inline predictive text baik di iPhone maupun iPad.

9. Visual Lookup




Jika Mama ingat, Mama mungkin pernah install aplikasi pengenal tanaman yang akan langsung tahu nama sebuah bunga, misalnya, berdasar foto yang Mama berikan. Memiliki kemampuan lebih jauh, Visual Lookup di iPad bahkan bisa mengenali nama makanan dan merekomendasikan resep terkait langsung di layar iPad. Keren, bukan?

10. Photos

Photos app di iPad tidak hanya bisa mengenal anggota keluarga yang kerap Mama jadikan subyek foto. Di update iPadOS 17, Photos app bahkan bisa mengenali hewan peliharaan Mama. Potret saja anjing atau kucing kesayangan dan Photos app akan mengenali mereka melalui People & Pets Album

11.  Safari



Safari browser di iPad mendapatkan update privasi dengan memisahkan browsing berdasarkan profil dan topic. Sebagai contoh, Mama bisa membuat sebuah profil di Safari untuk kebutuhan browsing di tempat kerja sementara profi lain khusus Mama pakai bersama anggota keluarga.

12. Privacy and Security

FaceTime dan AirDrop di iPad semakin aman menggunakan iPadOS 17. Itu karena iPadOS 17 menambahkan sistem keamanan yang bakal memburamkan (blur) konten sensitif baik gambar maupun video yang dikirim melalui FaceTime ataupun via AirDrop.

13. Freeform


Aplikasi Freeform datang bersama update iPadOS 17. Freeform adalah aplikasi menggambar yang telah dilengkapi beberapa model kuas. Membuat sketsa tau sekedar corat-coret untuk menyalurkan hobi bisa Mama lakukan di layar iPad dengan bantuan Freeform. 

14. Accessibility

Fitur baru di iPadOS 17 memungkinkan pengguna bisu atau mereka yang mengalami gangguan suara bisa menciptakan sebuah suara yang menyerupai mereka. Selanjutnya suara tersebut dimanffatkan dalam Live Speech sehingga bisa dipakai berkomunikasi dalam panggilan telepon dan model percakapan lainnya.

15. Magnifier

Fitur Magnifier di iPad memungkinkan pengguna tuna netra untuk bisa mengenali benda-benda di sekitar mereka. Menggunakan Magnifier app, iPad akan membacakan label yang menempel di berbagai benda sehingga pengguna tuna netra bisa mengoperasikan bermacam alat, seperti microwave, dll.

16. News


Jika Mama adalah pelanggan Apple News+ maka Mama akan mendapatkan bonus harian berupa Teka Teki Silang. Mengerjakan teka-teki silan bisa melatih otak dengan cara yang menyenangkan, terutama bagi Mama yang seharian sudah sibuk dengan pekerjaan kantor ataupun rumah.

17. Notes

Notes app di iPad yang menjalankan iPadOS 17 bisa Mama gunakan untuk membaca file-file PDF ataupun hasil scan. Mama juga bisa menambahkan links yang menghubungkan file tersebut dengan notes terkait.

18. Reminders

Reminders app di iPad akan otomatis menyortir daftar belanjaan Mama berdasarkan kategori bahan makanan. Sebagai contoh, telur, daging, tempe dan tahu akan dikategorikan dalam daftar protein sementara wortel, kol dan brokoli akan otomatis masuk grup sayuran. Hal ini tentu saja akan mempermudah saat Mama berbelanja.

19. Home

Aplikasi Home yang Mama gunakan untuk mengatur rumah sebagai smart home kini dilengkapi fitur baru bernama Activity History. Seperti namanya, fitur baru iPad ini akan menunjukkan apa saja yang terjadi di rumah saat Mama tinggalkan. Sebagai contoh, akan terlihat siapa yang mengunci dan membuka pintu depan. Aktivitas terbaru juga ditunjukkan oleh Home app, seperti contact sensor dan security system.

(image credit: apple)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama