Cara Menambah Widget di Home Screen iPad



Widget di iPad memiliki fungsi yang sama dengan widget di iPhone, yakni untuk menampilkan informasi secara sekilas. Dalam hal ini widget didesain menggunakan icon yang mewakili informasi terkait, dilengkapi sedikit teks yang akan membantu menerangkan informasi tersebut. 

Sebagai contoh, widget Battery ditunjukkan dengan sebuah icon baterai. Untuk menerangkan kondisi baterai apakah perlu segera charging atau tidak, angka persentase ditambahkan sehingga Mama bisa tidak perlu mengira-ngira lagi.

Cara menambahkan widget ke Home Screen iPad

  1. Buka Home Screen page di iPad.
  2. Touch and hold di area kosong Home Screen sampai terlihat aplikasi bergetar.
  3. Tap ikon Plus (+) yang ada di bagian atas layar untuk membuka widget gallery.
  4. Scroll atau cari widget yang Mama inginkan.
  5. Tap widget lalu geser ke kanan atau kiri untuk melihat opsi lain dari desain widget tersebut. Umumnya setiap widget memiliki lebih dari satu desain dan ukuran yang bisa dipilih.
  6. Jika yakin dengan desain sebuah widget, tap Add Widget.
  7. Saat aplikasi di Home Screen masih terlihat bergetar, pindahkan widget ke screen.
  8. Tap Done untuk menyelesaikan.

Di iPad, Mama bisa menempatkan lebih dari satu widget di Home Screen juga widget di Lock Screen sekaligus menampilkannya di Today View. Tanpa perlu membuka aplikasi, Mama bisa berinteraksi dengan widget yang ada di Home Screen dan Lock Screen. Widget untuk Music, misalnya, akan memungkinkan Mama memutar playlist lagu tanpa perlu membuka Music app.

Khusus untuk widget di Lock Screen, pastikan iPad yang Mama gunakan saat ini telah menjalankan iPadOS 17. Jika iPad tersebut ada dalam daftar iPad yang mendapatkan update iPadOS 17, dipastikan Mama akan bisa menikmati sebagian besar dari 19 fitur iPad yang diusung iPadOS 17.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama