Biar Mudah Diakses, Begini Cara PIN Pesan WhatsApp di iPhone


Dalam update terbarunya, WhatsApp for iPhone menambahkan beberapa fitur menarik, termasuk mengunci grup chat dan edit pesan WhatsApp khusus buat Mama yang sering typo. Fitur baru WhatsApp lain yang tak kalah menarik adalah kemampuan PIN sebuah pesan sehingga pesan tersebut akan terpaku di bagian paling atas daftar chat WhatsApp.

Ada berapa banyak grup chat WhatsApp yang ada di iPhone Mama? Saking banyaknya, seringkali sebuah informasi penting di dalam grup chat justru tertimpa pesan lain sehingga kesulitan saat mengaksesnya kembali. Informasi penting, seperti jadwal penilaian akhir semester anak-anak yang telah dibagi oleh guru kelas di dalam grup, atau, apa saja yang harus dibawa anak-anak saat acara outbond sekolah, bisa jadi membuat Mama scroll jauh ke bagian atas chat demi menemukannya.

Mengatasi keluhan tersebut, Meta memberikan fitur baru untuk WhatsApp di iPhone. Dengan fitur ini Mama bakal bisa nge-pin alias menempelkan sebuah pesan penting di bagian paling atas daftar chat di WhatsApp di iPhone. Dengan demikian, mencari sebuah pesan berisi informasi atau attachment penting di WhatsApp menjadi sangat mudah.

Cara PIN pesan WhatsApp di bagian paling atas chat

  1. Buka WhatsApp di iPhone.
  2. Buka sebuah chat atau group chat yang sudah ada.
  3. Tekan dan tahan (pesan atau swipe ke kanan) sebuah yang berisi informasi penting.
  4. Pilih opsi PIN.
  5. Pilih durasi PIN: 24 jam, 7 hari atau 30 hari (default durasi pin adalah 7 hari).



Jika Mama pin sebuah pesan dari group chat maka semua anggota yang ada di grup itu akan mendapatkan notifikasi bahwa Mama telah PIN pesan tersebut. Khusus untuk grup admin, mereka bisa mematikan fitur pin message untuk semua anggota, atau pin pesan hanya bisa dilihat oleh admin.

User juga tidak akan bisa melihat pesan yang telah terpin dengan kondisi sbb:
  1. Mereka gabung ke sebuah grup saat sebuah pesan telah ter-pin.
  2. Mereka telah menghapus pesan yang di-pin.
  3. Mereka menghapus pesan yang sama sebelum pesan tersebut di-pin oleh anggota grup lainnya.
Dengan cara di atas maka pesan yang tadi Mama pin akan berpindah ke bagian paling atas chat page di WhatsApp. Pesan tersebut akan "terpaku" selama durasi yang telah Mama tentukan di langkah nomor lima. Selanjutnya Mama bisa memilih opsi Unpin jika ingin melepas pesan tersebut sebelum durasi waktu yang telah ditentukan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama