5 Sebab StandBy Screen Tidak Aktif di iPhone (iOS 17)

 


StandBy Screen adalah tampilan layar horizontal yang aktif saat iPhone tengah charging ataupun tengah berada di standing dock. Fitur baru yang dibawa iOS 17 ini dibuat untuk memudahkan Mama melihat informasi penting di layar iPhone, seperti penunjuk waktu, kalender, cuaca, reminder, dll. Yang tak kalah penting, saat Mama terbangun dari tidur, Mama tidak perlu unlock iPhone untuk melihat informasi tersebut.

Desain StandBy Screen yang unik juga gampang dilihat bahkan dalam kondisi mengantuk. Lihat saja, ukuran jam analog yang besar, demikian pula dengan jam digital yang dibuat menggunakan font ukuran besar. 

Jika iPhone yang Mama gunakan saat ini belum menunjukkan StandBy Screen saat di-charge atau ditempatkan di dock, bisa jadi salah satu hal di bawah ini adalah penyebabnya.

1. iOS 17

Fitur StandBy Screen hanya ada di iOS 17 dan versi yang lebih baru ya, Mams. Untuk melihat apakah iPhone yang telah Mama pakai sudah menjalankan iOS 17, Mama bisa cek melalui Settings App > General > Software Update. Di sana akan bisa Mama lihat versi iOS yang dijalankan iPhone dan ketersediaan update terbaru jika iPhone yang Mama pakai support iOS terbaru tersebut. Silakan download update untuk mendapatkan iOS 17 atau versi yang lebih baru.

2. Model iPhone

Mengingat StandBy Screen dibawa oleh iOS 17, artinya iPhone yang masih menjalankan iOS versi sebelumnya tidak akan support StandBy Screen ya, Mams.

Tidak semua iPhone support iOS 17. Karenanya pastikan iPhone yang Mama gunakan tertera di daftar iPhone yang support iOS 17 di bawah ini.

3. Aktifkan StandBy Mode

Meskipun fitur StandBy Mode untuk layar iPhone akan otomatis aktif setelah Mama update iOS 17 tetapi karena beberapa alasan bisa jadi StandBy Screen iPhone yang Mama pakai belum aktif. Untuk mengeceknya Mama bisa melihat cara mengaktifkan StandBy Mode di iPhone yang telah menjalankan iOS 17 di sini.

4. Matikan Low Power Mode

Fitur StandBy Screen di iPhone yang telah menjalankan iOS 17 juga dibekali kemampuan untuk always-ON. Perlu dicatat kalau kemampuan always-ON display ini hanya dimiliki oleh ‌iPhone 14‌ Pro dan ‌iPhone 15 Pro‌ ya, Mams. Jika iPhone yang Mama gunakan adalah salah satu atau keduanya sementara fitur always-ON display untuk StandBy Mode tidak aktif, Mama hanya perlu mematikan Low Power Mode di iPhone.

Seperti Mama tahu, Low Power Mode membantu menghemat penggunaan daya baterai di iPhone. Namun di kasus ini, Low Power Mode di iPhone harus dimatikan agara fitur always-on display untuk StandBy Screen tetap aktif.

5. Wake on Motion

StandBy Mode di iPhone iOS 17 bisa Mama lihat dengan cara menekan tombol ON/OFF di sisi iPhone saat iPhone dalam posisi charging, baik menggunakan kabel, wireless ataupun di dock. 

Namun bagi Mama yang ingin hidup lebih mudah, StandBy akan otomatis mengaktifkan layar iPhone saat mendektesi pergerakan. Sebagai contoh, saat Mama terbangun di malam hari untuk mengecek iPhone, StandBy Mode akan mengaktifkan layar iPhone guna menunjukkan jam, cuaca, notifikasi, dan informasi lainnya yang sebelumnya telah Mama set di iPhone agar bisa terlihat melalui StandBy Mode.

Jika wake on motion tidak Mama jumpai di iPhone, Mama perlu mengaktifkan fitur Motion to Wake terlebih dulu melalui Settings. Atau, jika dirasa wake on motion cukup mengganggu, Mama juga bisa mematikannya.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama