Cara Auto-Delete History di Safari (MacOS)



Ada beberapa cara menjaga privasi dan keamanan browsing internet di Mac. Salah satu dari cara tersebut adalah dengan mengaktifkan auto-delete history di web browser di Mac, termasuk Safari.

Ya, dari sekian banyak web browser untuk Mac, Safari yang merupakan browser bawaan Mac masih terbukti paling aman dan nyaman untuk browsing internet. Ada banyak fitur keren di Safari, termasuk pin Tab Safari dan mengganti background image Safari. Salah satu yang tidak kalah penting adalah fitur auto-delete history yang bakal menjamin keamanan browsing terutama saat ada pihak lain meminjam Mac yang Mama miliki.

Cara auto-delete history di Safari di Mac

  1. Buka Safari app di Mac.
  2. Klik Safari menu di bagian kiri-atas.
  3. Pilih Preferences.
  4. Akan terbuka jendela menu, klik Tab General di bagian paling kiri.
  5. Di bagian Remove History Item, klik untuk memunculkan drop-down menu.
  6. Pilih pengaturan penghapusan history.
  7. Selesai.

Dengan cara mudah di atas, browsing History yang tersimpan di Safari di Mac akan terhapus sesuai pilihan yang Mama buat; setelah 1 hari, 1 pekan, 1 bulan atau 1 tahun. Mengaktifkan Auto-delete History di Safari di Mac tentu akan membuat Mama lebih tenang saat ada kawan yang meminjam Mac untuk browsing mengingat cara tersebut akan memperkecil kemungkinan orang lain bisa mengakses kembali apa yang pernah Mama buka di Safari. 

Namun perlu dicatat jika Mama mengaktifkan auto-delete history dengan opsi "after a week,' misalnya, maka seseorang masih bisa re-open Safari tabs yang baru saja ditutup. Jika Mama benar-benar peduli dengan privasi dan keamanan, ada baiknya Mama pilih opsi "after a day" saat mengeset auto-delete history di Safari di Mac.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama