Cara Mengunci Aplikasi dengan Face ID di iPhone



Pernahkah Mama mendengar tentang seorang anak yang memesan barang seharga jutaan rupiah di sebuah toko online? Alih-alih melakukan pembayaran melalui metode digital yang membutuhkan persetujuan orangtua, si anak justru memilih pembayaran di tempat alias COD yang mau tidak mau harus di bayar oleh si orangtua saat barang tiba di tempat tujuan.

Kasus seperti itu tidak akan terjadi jika Mama meproteksi ponsel yang Mama gunakan sehingga anak-anak tidak akan bisa mengaksesnya. Proteksi tidak hanya satu ya Mams, seperti passcode atau fingerpint saja. Sebaliknya, proteksi terhadap smarpthone haruslah berlapis untuk menghindari hal-hal buruk, termasuk belanja online oleh anak-anak yang menggunakan ponsel tanpa sepengetahuan orangtua.

Di iPhone, Mama bisa mengeset passcode 4 atau 6 digit untuk membuka kunci layar. Juga, Mama bisa mengeset password yang merupakan gabungan angka dan huruf. Tergantung model iPhone, Mama juga bisa memanfaatkan fingerprint ID dan Face ID agar layar iPhone tidak diakses pihak lain.


Aplikasi seperti WhatsApp telah memiliki fitur unlock tertanam yang bisa Mama aktifkan atau matikan sesuai keperluan. Fitur yang dimaksud adalah dibutuhkannya Face ID atau fingerprint ID dan passcode guna membuka WhatsApp di iPhone. Sayangnya, tidak banyak aplikasi yang memiliki fitur perlindungan tersebut.

Tapi jangan terlalu khawatir ya Mams karena Mama juga bisa melindungi sebuah aplikasi di dalam iPhone menggunakan Face ID ataupun fingerprint ID. Dengan cara ini, setiap kali anak Mama membuka aplikasi Shopee, misalnya, maka iPhone akan otomatis terkunci dan membutuhkan Face ID atau fingerpint ID atau passcode/password untuk bisa membuka layar iPhone atau menjalankan aplikasi tersebut.

Cara Mengunci Aplikasi dengan Face ID

  1. Aktifkan iPhone.
  2. Buka Shortcuts app.
  3. Tap Automation di bagian bawah.
  4. Tap tanda PLUS (+) di kanan atas layar iPhone.


  5. Tap Create Personal Automation.
  6. Scroll ke bawah hingga ketemu ops App.
  7. Tap App, pilih Choose.


  8. Pilih satu atau lebih aplikasi yang ingin Mama kunci menggunakan personal ID (Face ID, Fingerprint ID atau passcode/password).
  9. Tap Done di bagian kanan atas.
  10. Tap Next.
  11. Tap Add Action.
  12. Di kolom pencarian, ketikkan Lock Screen.
  13. Pilih Lock Screen yang muncul di hasil pencarian.
  14. Pilih Next.


  15. Matikan opsi Ask Before Running, pilih Don't Ask.
  16. Pilih Done.
  17. Jika berhasil, automation yang baru saja Mama buat akan muncul di bagian paling atas dari daftar Automation yang aktif di iPhone Mama.
  18. Selesai.


Dengan cara ini maka setiap kali Mama membuka aplikasi yang telah Mama pilih di langkah no. maka iPhone akan otomatis terkunci dan membutuhkan akses masuk untuk mengaktifkan layar. Selanjutnya Mama bisa menggunakan app switcher untuk membuka aplikasi tersebut.

Fungsi Automation di Shortcuts app bisa Mama manfaatkan untuk banyak hal, termasuk mengunci orientasi Youtube agar selalu terbuka secara landscape, memberitahukan melalui speaker saat iPhone lowbat dan masih banyak lainnya.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama