Lindungi Apple ID, Pakai Security Keys di iPhone dan iPad


Password 6 digit angka (atau lebih) secara umum cukup untuk melindungi Apple ID sebagai akses masuk ke iPhone atau iPad. Di luar itu, Apple menerapkan two-factor authentication untuk perlindungan tambahan.

Di rilisan iOS 16.3, Apple memberlakukan sistem pengamanan yang lebih kuat melalui fitur baru Security Keys. Tidak hanya untuk iPhone dan iPad, pengguna Mac yang telah menjalankan OS Ventura 13.2 juga bisa memanfaatkan Security Keys guna melindungi Mac dari serangan hacker atau pihak-pihak yang telah mengantongi Apple ID dan password-nya.

Cara mengaktifkan Security Keys di iPhone, iPad

  1. Pastikan iPhone atau iPad telah menjalankan iOS 16.3 atau iPad OS 16.3 ( atau yang lebih baru)
  2. Buka Settings app di iPhone atau iPad.
  3. Tap Nama di Apple ID.
  4. Tap Password & Security.
  5. Pilih Security Keys.
  6. Tap tombol biru bertuliskan Add Security Keys.
  7. Ikuti petunjuk yang ada di layar device.

Untuk menghapus atau menghilangkan Security yang telah Mama buat, Mama bisa mengulangi langkah-langkah di atas, lalu pilih Remove All Security Keys. Cara ini akan mengembalikan Apple ID ke kode verifikasi 6 digit untuk autentikasi 2 faktor.

Yang perlu dicatat, penggunaan Security Keys di perangkat Apple memerlukan hardware pendukung security. Mama bisa menemukan produk tersebut di pasaran, tersedia dalam berbagai merek dengan bentuk umum berupa USB drive.

Sebelum memutuskan membeli sebuah hardware Security Keys untuk perangkat Apple, pastikan yang akan Mama beli telah tersertifikasi FIDO dan memiliki konektor yang cocok dengan perangkat Apple. Fitur tambahan lain yang bisa Mama pertimbangkan termasuk adanya port Lightning, USB-C, USB-A untuk bisa terkoneksi langsung ke iPhone, iPad ataupun Mac.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama