Memahami SMS dan MMS di iPhone

MMS di iPhone dan Mac (credit: apple)


Sebelum dunia digital dibombardir dengan aplikasi chat seperti WhatsApp, semua ponsel telah memiliki fitur pengirim pesan teks yang dikenal sebagai SMS atau Short Message Service. Seiring perkembangan teknologi sebuah ponsel kemudian dilengkapi fitur MMS (Multimedia Messaging Service) yang dianggap lebih dari sekedar berkirim pesan teks.

Kini di era smartphone, Mama tidak perlu bingung memilih smartphone mana yang mendukung MMS dan mana yang hanya bisa mengiri dan menerima SMS. Itu karena pada dasarnya semua smartphone, termasuk iPhone dan Android, telah memiliki kemampuan dasar SMS dan MMS.

Sementara pesan SMS dan MMS secara umum bisa dikirim dan diterima melalui jaringan seluler (menggunakan pulsa untuk biaya per pesan terkirim), sedikit berbeda dengan di iPhone. Seperti Mama tahu, iPhone dilengkapi fitur bernama iMessage yang merupakan kemampuan mengirim pesan teks (SMS) dan multimedia (MMS) antar sesama pengguna Apple Device.

Di antara beberapa perbedaan antara pesan SMS dan iMessage, setidaknya ada 3 perbedaan paling dasar yang perlu Mama tahu:
  1. Pesan SMS dikirim dan diterima menggunakan jaringan milik perusahaan telekomunikasi seluler (Telkomsel, XL, dll). Di sisi lain, iMessage dikirim dan diterima melalui server Apple.
  2. Pesan SMS hanya bisa dikirim dan diterima menggunakan jaringan milik perusahaan telekomunikasi seluler sementara iMessage menggunakan data internet ataupun Wi-Fi.
  3. Pesan SMS tidak terenkripsi sementara pesan melalui iMessage terlindungi oleh enkripsi secara end-to-end. Artinya pesan yang ada di dalam iMessage tidak bisa diintip ataupun dibaca oleh pihak ketiga, seperti perusahaan telekomunikasi, pegawainya, ataupun pihak-pihak lain.

Cara menggunakan MMS di iPhone

Seperti halnya sejarah SMS dan MMS, iPhone-pun belum memiliki fitur MMS di masa awal peluncurannya. Apple mulai memberikan fitur MMS untuk iPhone di tahun 2009, tepatnya saat rilis iOS 3.

Seperti SMS, MMS juga telah tertanam dalan aplikasi Messages di iPhone. Pada dasarnya ini adalah kemampuan iPhone untuk mengirim pesan multimedia, seperti foto, animasi ataupun video.

  • Untuk mengirim pesan MMS, Mama bisa membuka Messages app di iPhone. Selanjutnya tap ikon kamera yang ada di sebelah area input. Mama bisa memilih file foto/video yang telah tersimpan di iPhone atau menggunakan kamera untuk mengamil gambar baru.
  • Selain melalui aplikasi Messages, Mama bisa langsung memilih file foto/video yang akan dikim sebagai MMS melalui camera roll. Dari sana Mama pilih opsi Share, lalu pilih Messages.
  • Selain foto atau video, MMS di iPhone juga bisa Mama gunakan untuk mengirim musik yang ada di aplikasi Apple Music. Dengan berbagi via MMS, Mama bisa memberitahukan mengenai musik yang baru Mama dengarkan di Apple Music.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama