Cara Mengecek Penggunaan Data Internet di iPhone

Bagi Mama yang sering berkegiatan di luar ruangan, artinya penggunaan Wi-Fi untuk iPhone sangat terbatas ya Mams. Dengan kata lain, Mama harus mengaktifkan paketan data internet demi kelancaran pekerjaan.

Menggunakan paket data internet pastinya bereda dari Wi-Fi ya Mams. Dalam hal ini Mama perlu berhemat agar saat internet benar-benar dibutuhkan, Mama tidak kehabisan kuota. Karenanya Mama perlu mengetahui aplikasi apa saja yang cukup menguras data internet. Beberapa aplikasi yang terus melakukan refresh di background sehingga membuat boros baterai iPhone, adalah aplikasi yang masuk kategori penguras data internet.

Untuk mengecek aplikasi apa saja yang membutuhkan data internet besar, juga untuk mengecek seberapa besar data internet telah Mama gunakan di iPhone, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Aktifkan iPhone.
  2. Pastikan data seluler aktif.
  3. Buka Settings app.
  4. Tap Cellular.
  5. Scroll ke bawah.


Di sini bisa Mama lihat daftar aplikasi yang menggunakan data seluler (dan Wi-Fi). Aplikasi yang muncul di daftar diurut berdasar penggunaan data internet terbesar hingga terkecil. Jika Mama perhatikan, setiap aplikasi menunjukkan besar data yang telah dipakai, mulai dari ukuran kilobyte, megabyte hingga gigabyte.

Dalam kondisi mendesak, Mama bisa mematikan beberapa aplikasi sehingga akan membatasi penggunaan intenet. Caranya, arahkan toggle ke arah OFF di masing-masing nama aplikasi yang muncul di daftar. Dengan cara ini penggunaan internet untuk hal mendesak (seperti email dan chat) akan bisa optimal karena data internet tidak akan tersedot untuk aplikasi lain.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama