Edit Banyak Foto Lebih Cepat dengan Copy Edits di iOS 16



Photos app di iPhone mendapatkan jatah fitur baru cukup banyak dibanding aplikasi lain. Di antara delapan fitur baru iOS 16 untuk Photos app adalah kemampuan menyalin proses edit dari satu foto lalu diterapkan ke foto lainnya sekaligus.

Sebagai gambaran, ada kalanya Mama memiliki beberapa foto berbeda yang diambil di tempat dan kondisi yang sama, sebut saja 10 foto di pantai bersama teman-teman, dalam kondisi cuaca terik. Dalam hal ini Mama ingin mengedit foto-foto tersebut agar terlihat lebih redup. Di iOS 16, Mama bisa melakukan editing pada satu foto saja lalu copy apa yang Mama lakukan tadi untuk 9 foto lainnya.


Apple menyebutnya sebagai "copy edit" dan "paste edit," yang keduanya bisa ditemukan di Photos app di dalam iPhone yang telah menjalankan iOS 16.


Cara “copy edit” dan “paste edit” di iPhone

  1. Pastikan iPhone telah menjalankan iOS 16. 
  2. Buka Photos app. 
  3. Buka foto yang akan diedit. 


  4. Tap Edit, lalu lakukan editing pada foto sesuai keinginan Mama, termasuk menyesuaikan brightness, mengatur kontras, sarurasi, dsb. 
  5. Jika sudah yakin dengan hasil edit, tap 3-titik yang ada di kanan-atas layar iPhone. 
  6. Pilih Copy Edit. 
  7. Tap Done untuk menyimpan foto yang telah diedit.


  8. Masih di Photos App, tap Select yang ada di kanan-atas.
  9. Tap foto-foto yang akan diedit, ditunjukkan dengan tanda centang biru.
  10. Di kanan-bawah layar, tap ikon 3-titik.
  11. Pilih Paste Edit.
  12. Secara langsung semua foto yang Mama pilih (langkah no. 9) akan mendapatkan edit sama dengan foto yang telah Mama simpan (langkah no. 7)
  13. Selesai.
Nah, sekarang Mama sudah tahu ya cara mengedit banyak foto di iPhone tanpa harus melakukan proses editing satu per satu. Cara ini pastinya lebih cepat dan mudah, bahkan untuk Mama yang baru pertama kali menggunakan iPhone untuk mobile photography.

Mama juga bisa melihat cara cepat edit banyak foto di iPhone menggunakan fitur copy dan paste edits mealuo short video yang ada di Youtube Channel Apple Mama berikut:



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama