Cara Kirim Screenshot ke Chat, Tanpa Simpan di Gallery iPhone (iOS 16)

Melihat postingan unik di Instagram, TikTok atau di media soail lain, seringkali Mama ingin membaginya dengan kawan-kawan dekat melalui pesan di aplikasi chatting, seperti WhatsApp. Yang kerap dilakukan selama ini adalah screenshoot postingan tersebut, menyimpannya di gallery iPhone, lalu di-attach di grup chatting. Alih-alih berbagi informasi, gallery iPhone justru akan penuh dengan screenshot yang sebetulnya hanya Mama pakai sekali saja.

Di iOS 16, Apple memberikan fitur baru untuk menghindari tumpukan screenshot di Photos app. Jika ingin berbagi screenshot, Mama bisa mengirim screenshot tersebut ke grup chat dan iOS akan langsung menghapus tanpa menyimpannya di Album Screenshot yang ada di Photos app.

Cara berbagi screenshot di grup chat tanpa pelu menyimpan di gallery iPhone

  1. Di iPhone, buat screenshot dari postingan yang ingin Mama share.
  2. Tap thumbnail (kiri-bawah layar) untuk membuka screenshot.
  3. Lakukan edit jika diperlukan.


  4. Tap Done di kiri-atas layar iPhone.
  5. Pilih Copy and Delete.
  6. Tunggu screenshot menghilang dari layar.
  7. Beralih ke WhatsApp atau aplikasi lain yang Mama kehendaki.
  8. Tap dan tahan di kolom untuk menulis, pilih Paste.
  9. Selesai.

Cara ini terlihat mirip dengan fitur attach image ya Mams tetapi perbedaan terdapat pada screenshot yang tidak perlu tersimpan di gallery iPhone. Begitu image ditempel di WhatsApp atau aplikasi lain, iPhone akan menghapus hasil tangkapan layar sehingga tidak memakan tempat di memory internal iPhone. Fitur ini tentunya sangat bermanfaat terutama jika iPhone yang Mama pakai adalah model dengan kapasitas penyimpanan kecil atau penyimpanan sudah hampir penuh.

Cara mengirim screenshot ke chat atau aplikasi lain tanpa perlu disimpan di Photos app di iPhone juga bisa Mama lihat dalam short video di Youtube Channel Apple Mama berikut:



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama