7 Fitur iPhone ini Diblokir Saat Lockdown Mode Aktif (iOS 16)


Fitur Lockdown mode yang diperkenalkan melalui iOS 16 dirancang untuk melindungi pengguna iPhone. Bukan sembarang pengguna iPhone ya Mams karena tampaknya Lockdown mode yang pas jika digunakan oleh "orang-orang penting" yang terancam oleh serangan siber yang direncanakan oleh musuh, bukan semacam phising atau scam.

Bisa disebut demikian karena system keamanan yang dibangun oleh Lockdown mode akan sangat membatasi penggunaan iPhone, bahkan bisa disebut mematikan beberapa fitur iPhone. Bagi pengguna biasa tentu saja hal ini akan mengganggu ataupun merugikan pengguna. Karenanya, jika Mama bukan tergolong orang penting yang memiliki pekerjaan berisiko tinggi, seperti politisi, aktivis, wartawan atau selebriti, sebaiknya Mama tidak perlu mengaktifkan fitur Lockdown mode di iPhone.

7 fitur iPhone yang diblokir oleh Lockdown mode

  1. Facetime: saat Lockdown mode Mama aktifkan maka seluruh panggilan Facetime akan terblokir di iPhone, kecuali panggilan pada nomor/kontak yang sebelumnya pernah Mama lakukan.
  2. Pesan teks: di iMessage, sebagian besar model attachment seperti gambar, video, link, ataupun link preview tidak dapat ditampilkan alias diblokir.
  3. Web browsing: sejumlah fitur canggih di Safari dimatikan oleh Lockdown mode, sehingga menyebabkan Safari lambat dalam memuat data yang akan ditampilkan. Sebagian besar font tidak dapat ditampilkan sementara gambar juga diblokir dan diganti oleh ikon 'missing image'.
  4. Shared Albums: fitur Shared Albums yang ada di Photos App dihilangkan oleh Lockdown mode sementara fitur undangan untuk Shared Albums juga diblokir.
  5. Koneksi USB: untuk bisa menghubungkan iPhone ke perangkat lain menggunakan kabel USB, iPhone perlu di-unlock terlebih dulu. Dalam hal ini tentu saja proses unlock harus memasukkan Face ID, finger ID ataupun passcode.
  6. Layanan Apple: semua jenis undangan dari pihak lain untuk bergabung dengan Apple Services diblokir saat Lockdown mode aktif. Tetapi pemblokiran tidak berlaku bagi pihak/kontak yang sebelumnya pernah Mama kirim undangan untuk Apple Services.
  7. Profiles: profil konfigurasi yang biasanya bisa dipakai untuk install iOS versi beta atau versi modifikasi, tidak lagi bisa dipakai saat Lockdown mode aktif di iPhone.
Melihat tujuh fitur iPhone yang diblokir oleh Lockdown mode tersebut, terlihat bukan kalau fitur Lockdown mode tidak ditujukan untuk sembarang pengguna iPhone? Tetapi jika penasaran, bisa saja Mama mencoba mengaktifkan Lockdown mode untuk melihat seberapa efektif fitur keamanan ini mampu melindungi iPhone dari serangan cyber.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama