2 Cara Membuat Folder Baru di Photos App (iOS 16)


Memilah file, baik berupa foto, video, screenshot ataupun dokumen lain lalu menempatkan di folder berbeda adalah salah satu cara untuk mengelola isi iPhone. Sementara Files app punya kemampuan untuk membuat folder baru, bagaimana dengan Photos app di iPhone?

Di aplikasi Photos, membuat folder baru memang bisa dilakukan tetapi Apple membedakannya sebagai new Folder dan new Album. Meskipun sama-sama bisa dibuat dan dinamai tetapi yang perlu dicatat,  rename, dan tentunya bisa untuk menyimpan foto dan video agar gallery lebih rapi tetapi Folder dan Album adalah dua 'tempat' yang berbeda fungsinya.

Lalu apa perbedaan Album dan Folder dalam Photos app? Dalam hal ini Album hanya bisa dipakai untuk menyimpan foto dan video atau file apapun yang ada di dalam Gallery iPhone. Di sisi lain sebuah Folder yang ada di Photos app bisa diisi banyak Album dan Folder lain.

1. Cara membuat "Album" baru di Photos app di iPhone

  1. Buka Photos app di iPhone.
  2. Tap Album, lalu pilih Recents atau album lain yang berisi foto/video.
  3. Pilih Select di kanan-atas lalu tap beberapa foto yang ingin Mama masukkan ke dalam album baru.
  4. Tap icon Share di kiri-bawah layar iPhone.
  5. Pilih Add to Album.
  6. Pilih New Album.
  7. Namai album baru yang akan dibuat, tap Save untuk menyimpan.
  8. Proses pembuatan album baru telah selesai dan foto yang tadi Mama pilih (langkah no. 3) telah berhasil dipindah ke album/folder baru baru.
  9. Cara membuat Album baru juga bisa dilihat di short video berikut:




    2. Cara membuat "Folder" baru di Photos app di iPhone

    1. Buka Photos app di iPhone.
    2. Tap Albums di bagian bawah.
    3. Tap See All di kanan atas.
    4. Tap Edit di kanan-atas.
    5. Tap tanda + di kiri atas, pilih New Folder.
    6. Namai folder, tap Save.


    Sebuah folder baru telah berhasil dibuat di Photos app dengan nama yang baru saja Mama ketik. Tidak seperti fungsi sebuah Album, Mama tidak bisa memindah foto/video langsung ke dalam Folder. Jika Mama ingin memindah beberapa foto ke dalam sebuah Folder (seperti cara no. 1) maka Mama akan diminta membuat sebuah album baru yang bakal ditempatkan di dalam Folder tersebut.

    Terdengar sedikit rumit ya, Mams? Bisa langsung dicoba saja cara membuat Album dan Folder baru di iPhone supaya Mama lebih memahami perbedaan fungsi Album dan Folder di Photos app. Yang jelas, dengan mengelola foto dan video ke dalam beberapa folder yang berbeda, gallery foto di iPhone akan lebih rapi dan teratur. Selain itu Mama juga akan lebih mudah mencari dan menemukan foto atau video berdasarkan event, tanggal atau lokasi tempat pengambilan foto/video.

    Cara membuat Folder baru di Photos app di iPhone juga bisa dilihat di short video Youtube Channel Apple Mama berikut:



    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama