Mencari Foto Dobel di iPhone dan Cara Menggabungkannya (iOS 16)


Alih-alih banyak koleksi foto dan video, internal storage iPhone justru terkuras karena menyimpan foto-foto yang dobel/ganda dan karenanya Mama perlu menyortirnya. Untungnya, Mama tidak perlu melakukan sortir secara manual karena album Duplicates dilengkapi fitur Merge untuk menggabungkan foto-foto yang dinilai dobel.

Album Duplicates bisa ditemukan di dalam Photos app, sebagai salah satu update yang diusung iOS 16 untuk iPhone. Seperti namanya, album Duplicates berisi foto-foto yang dianggap sama oleh iOS 16. Adanya album Duplicates tentunya akan sangat menolong terutama bagi Mama yang kerap mengalami masalah pada internal storage iPhone.

Jika Mama memiliki dua foto yang sama tetapi salah satunya memiliki kualitas HD sementara foto lainnya memiliki resolusi lebih rendah tetapi dilengkapi info metadata yang lebih rinci, iOS 16 akan menggabungkan keduanya. Hasilnya, satu foto dengan kualitas terbaik serta metadata yang lebih lengkap.

Mencari foto dobel di iPhone dan cara menggabungkannya (iOS 16) 

  1. Pastikan iPhone telah update ke iOS 16.
  2. Buka Photos app.
  3. Tap folder Albums yang ada di bagian bawah.
  4. Scroll ke bagian paling bawah, cek di bawah Utilities.
  5. Jika di bawah Utilities terdapat folder Duplicates maka dipastikan Photos app memiliki sejumlah foto yang dianggap sama oleh iOS 16. Tap untuk mengecek isinya.
  6. Akan terlihat dua foto yang dianggap sama berjajar dengan opsi Merge di sebelahnya. Tap Merge jika Mama menganggap dua foto tersebut memang sama dan ingin menggabungkannya.
  7. Lakukan langkah serupa untuk foto dobel lainnya.

Perlu dicatat kalau proses pendeteksian foto kembar di iPhone dilakukan secara berkala oleh iOS 16. Jadi, jangan kaget jika saat ini Mama belum melihat folder Duplicates di Photos app tetapi beberapa saat nanti telah ada folder Duplicates dengan foto-foto kembar di dalamnya.

Cara menemukan foto ganda dan menggabungkannya juga bisa Mama lihat melalui short video dari Youtube Channel Apple Mama berikut:




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama