Cara Translate Teks di Video (iOS 16)


Live Text diperkenalkan di iOS 15, memungkinkan sebuah iPhone (juga iPad) melakukan cara baru dalam copy paste teks, termasuk copy paste teks yang ada di sebuah foto dan copy paste teks yang berasal dari tulisan tangan. Di iOS 16, Apple melebarkan fungsi Live Teks dengan menambahkan kemampuan menerjemahkan teks secara langsung melalui kamera iPhone. Kemampuan lain yang tak kalah keren dari fitur Live Text adalah kemampuan menerjemahkan teks yang ada di sebuah video.

Saat nonton film, video resep memasaj atau video tutorial DIY, tak jarang Mama akan menemukan hal-hal yang bikin penasaran di dalam video karena menggunakan bahasa asing. Melawan rasa penasaran, pastinya Mama ingin tahu arti dari tulisan-tulisan di dalam video itu, bukan?

Tidak perlu repot mengetik kata-kata berbahasa asing tersebut di Google Translate untuk menerjemahkannya karena iOS 16 punya cara yang bakal memudahkan hidup Mama.

Cara menerjemahkan teks yang muncul di video

  1. Di Photos app, buka dan mainkan video yang bikin Mama penasaran.
  2. Pause di bagian yang muncul tulisan yang ingin Mama tahu artinya.
  3. Tap icon Live Text yang akan otomatis menemukan teks di dalam video. 
  4. Jika Mama setuju dengan pilihan otomatis tersebut, tap Translate yang ada di kiri-bawah layar iPhone. Hasil translate akan secara langsung ditempatkan di posisi teks asli. 
  5. Jika di video terdapat banyak teks dan Mama hanya ingin menerjemahkan sebagian saja, tap dan tahan pada teks. 
  6. Penanda handle berwana biru yang muncul akan membantu Mama menyorot kata atau kalimat yang akan diterjemahkan.
  7. Tap dan tahan untuk memunculkan opsi Translate dan Copy, pilih salah satu.
  8. Jika Mama memilih Translate maka terjemahan akan langsung diperlihatkan di layar, tergantung dari bahasa apa yang Mama pilih. Belum semua bahasa support terjemahan instan ini ya Mams. Mama bisa menerjemahkan dan mendapatkan terjemahan dalam bahasa Inggris, Mandarin, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, Portugal, Jepang, Korea dan Ukraina.
  9. Jika memilih opsi Copy, Mama bisa Paste di aplikasi lain.
  10. Selesai.

Nah, sekarang Mama gak perlu repot lagi saat menemukan teks berbahasa asing di video-video yang Mama tonton. Tingga Pause dan biarkan iOS 16 menerjemahkannya untuk Mama.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama