Cara Rename Screenshot di iPhone (iOS 16)



Screenshoot adalah cara paling mudah sekaligus cepat untuk mendapatkan apa yang ditampilkan di layar iPhone. Sementara iPhone telah punya metode cepat untuk menangkap tampilan layar, setelahnya ada banyak hal yang bisa Mama lakukan terhadap hasil screenshoot tersebut. 

Salah satu hal yang sering dilakukan terhadap screenshot image adalah dengan membaginya ke email atau grup chat, seperti di WhatsApp. Di iOS 16, Mama bisa terlebih dulu menamai ulang alias rename screenshot tersebut sebelum kemudian mengirimkannya via email, WhatsApp atau aplikasi lain.

Cara rename screenshot tunggal di iPhone (iOS 16)

  1. Pastikan iPhone telah menjalankan iOS 16.
  2. Buat satu screenshot di layar iPhone.
  3. Setelah layar iPhone menangkap tampilan layar, ditunjukkan dengan thumbnail di sisi kiri-bawah layar, jangan swipe ke kiri untuk menutup thumbnail tersebut. 


  4. Sebaliknya, langsung tap tombol Share yang ada di bagian kanan-atas layar.
  5. Sebelum memilih aplikasi untuk berbagi, bisa dilihat nama file dari screenshot tersebut. 
  6. Tap tombol Rename yang ada di bawahnya.
  7. Namai file dengan kata yang mencerminkan screenshot yang dimaksud.
  8. Pilih aplikasi yang ingin Mama pakai untuk mengirim screenshot image.
  9. Send.
  10. Selesai.

Perlu dicatat kalau cara rename ini hanya bisa dilakukan sebelum screenshot disimpan di Photos app, setidaknya hingga di rilisan iOS 16. Sebaliknya, untuk rename file yang sudah tersimpan di Gallery foto, Mama bisa menggunakan bantuan Files app atau aplikasi foto yang banyak terdapat di App Store, termasuk Google Photos.

Cara rename screenshot sebelum dikirim via email atau aplikasi lain juga bisa Mama lihat melalui short video dari Youtube Channel Apple Mama berikut:


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama