Cara Rename BANYAK Screenshot di iPhone (iOS 16)


Cara rename hasil tangkapan layar iPhone ini berbeda dari cara rename file foto di Photos app ya Mams. Itu karena proses rename screenshot ini hanya bisa dilakukan setelah Mama melakukan tangakapan layar dan menekan tombol Share untuk berbagi image ke aplikasi lain. 

Sementara rename satu screenshot di iPhone bisa dilakukan dengan mudah, rename banyak screenshot sekaligus bisa dilakukan dengan cara serupa. Yang dimaksud adalah TANPA menyimpan screenshot ke Photos app, tetapi langsung share ke aplikasi yang Mama inginkan, seperti Mail, WhatsApp, Instagram dll.

Yang menarik, ketika Mama melakukan beberapa tangkapan layar, dan ingin menamai lebih dari satu screenshot maka rename image screenshot tersebut akan otomatis dinamai dengan format: 

nama file 1.png
nama file 2.png
nama file 3.png
dst. 

Singkat kata, Mama hanya perlu menamai satu file maka file lain yang dikirim akan otomatis memiliki nama file sama dengan tambahan angka numerik di belakangnya.

Cara rename banyak screenshot sekaligus di iPhone

  1. Buat beberapa screenshot di iPhone.
  2. Biarkan thumbnail screenshot menumpuk di sisi kiri-bawah layar iPhone
  3. Tap thumnbail untuk membuka screenshot terakhir yang Mama buat.
  4. Swipe ke kiri atau kanan untuk memilih screenshot yang tidak ingin Mama sertakan dalam rename, tap icon tempat sampah untuk menghapusnya.
  5. Setelah yakin dengan jumlah screenshot yang ingin Mama share dan rename, tap tombol Share di bagian kanan-atas layar iPhone.

  6. Tap tombol Rename yang ada di bawah nama file.
  7. Namai dengan nama file yang mudah diingat dan mewakili screenshot yang Mama buat.
  8. Pilih aplikasi yang ingin Mama gunakan untuk mengirim screenshot tersebut.
  9. Send.
  10. Selesai.

Dengan cara di atas, Mama telah berhasil mengganti nama file hasil tangkapan layar iPhone menjadi nama file yang Mama tentukan sendiri. Saat si penerima membuka file tersebut, nama yang Mama buat tadi menjadi nama file yang diterima. Satu lagi, cara ini tidak akan menyimpan hasil screenshot ke Photos app sehingga Mama bisa hemat internal storage sekaligus tidak perlu repot-repot membersihkan gallery.

Cara rename banyak screenshot juga bisa Mama lihat di video tutorial Apple Mama di Youtube Channel:



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama