Cara Remove Background di Photos App (iOS 16)



Ini adalah salah satu fitur keren dari 8 fitur baru yang diusung iOS 16 untuk Photo app. Bagaimana tidak, tanpa install aplikasi penghapus background apapun, Mama bakal bisa menghilangkan background foto langsung dari dalam Photos app di iPhone. Tentunya iPhone yang Mama pakai harus telah update ke iOS 16 ya Mams.

Jika Mama kerap menggunakan aplikasi iMessage untuk berkirim pesan dengan sesama pengguna iOS device, fitur remove background foto yang diusung iOS 16 ini akan sangat membantu Mama menikmati berkirim pesan menggunakan iMessage. Dalam hal ini foto yang telah dihilangkan latarnya di Photos app bisa langsung Mama kirim kebagai sticker ke iMessage. Atau, Mama bisa menggunakan fungsi copy-paste untuk copy sticker tersebut dan paste ke aplikasi lain.

Cara menghilangkan background foto di iOS 16

  1. Pastikan iPhone telah upadate ke iOS 16.
  2. Buka aplikasi Photos.

  3. Pilih foto yang akan dihilangkan latarnya.
  4. Buka foto secara fullscreen.
  5. Tap dan tahan pada subyek yang ingin dicopy/dijadikan sticker.
  6. Tunggu hingga muncul animasi di sekitar subyek.
  7. Coba gerakkan subyek, apakah telah lepas dari background.
  8. Jika benar, menggunakan satu tangan/jari lainnya, beralihlah ke iMessage app.
  9. Lepaskan sticker di kolom chat iMessage, atau sampai terlihat tanda Plus hijau.
  10. Untuk menempatkan sticker di aplikasi lain, lepaskan subyek sesaat setelah animasi di Photos app.
  11. Tap opsi Copy/Share yang muncul di layar.
  12. Beralih ke aplikasi lain, tap 1x untuk memunculkan opsi Paste, pilih Paste.
  13. Selesai.
Sebagai catatan, jika memilih Copy di langkah no. 11, tentu saja Mama harus mengikutinya dengan Paste di aplikasi lain. Dalam hal ini aplikasi bawaan iOS, seperti Notes, bisa memunculkan opsi Paste dan menerima subyek sebagai sticker tanpa background.

(hasil remove background yang di-copy-paste ke Notes)


Jika Mama mililih Share di langkah no. 11, Mama bisa berbagi image tersebut ke aplikasi third party seperti Whatsapp. Namun, subyek akan diterima sebagai image dengan background putih. Diharapkan nantinya semua aplikasi, baik bawaan iOS ataupun third party, akan bisa menerima sticker tanpa latar hasil olah fitur remove background di Photos app.

(hasil remove background yang di-share ke WhatsApp)

Terlihat sangat mudah bukan Mams menghilangkan background foto di iOS 16? Jika telah berhasil mencoba remove background foto di iPhone yang telah menjalankan iOS 16, selanjutnya Mama bisa mencoba menghilangkan background banyak foto dengan satu kali proses. Apakah bisa? Lihat di sini untuk tahu cara remove background banyak foto dalam satu langkah.

Mama juga bisa melihat cara membuang latar foto di iPhone melalui short video dari Youtube Channel Apple Mama berikut:



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama