Cara Remove Background BANYAK Foto di iPhone (iOS 16)


Entah untuk kebutuhan membuat sticker atau keperluan lain, menghilangkan background sebuah foto kerap dibutuhkan. Alih-alih install aplikasi penghapus background, sekarang Mama bisa langsung remove background dari foto-foto yang tersimpan di Photos app. 

Di Photos app, Mama bisa menghilangkan background atau latar sebuah foto menggunakan fitur yang diberikan iOS 16. Lalu bagaiman jika Mama ingin menghilangkan background banyak foto? Apakah harus dilakukan satu per satu?

Untungnya Apple juga memikirkan apa yang ada di benak Mama. Hasilnya, iOS 16 punya fitur tersembunyi yang mampu menghapus background foto dalam satu langkah saja. Namun berbeda dengan fitur serupa di Photos app, cara menghilangkan background foto secara masal ini tidak mengikut-sertakan animasi unik yang muncul saat Mama tap & hold di sebuah foto.

Cara menghapus background banyak foto dalam satu langkah di iPhone

  1. Pastikan iPhone telah menjalankan iOS 16. 
  2. Buka Photos app dan tentukan sejumlah foto yang bakal dihapus latarnya. 

  3. Select beberapa foto, lalu copy ke Files app dengan cara tap pada icon Share di kiri-bawah, pilih Copy Photos
  4. Buka aplikasi Files, tentukan folder yang akan dipakai untuk Paste foto-foto tadi. 
  5. Tap dan tahan untuk memunculkan opsi Paste


  6. Setelah foto-foto berhasil ditempatkan di Files app, pilih kembali foto-foto tadi dengan cara tap Select
  7. Tap tombol 3-titik, pilih Background Remove
  8. Ta-da! Satu per satu file foto akan diproses untuk dihilangkan latarnya. Tunggu hingga proses selesai. 

File foto baru tanp background akan ditempatkan setelah file asli ya Mams, dengan nama file yang sama tetapi ditambahkan “Background Removed” di belakangnya. Satu lagi, jika file foto asli menggunakan format JPG atau HEIF maka file foto baru menggunakan format PNG. 

Setelah semua foto selesai diproses, Mama bisa memindahnya ke Photos app atau gunakan untuk keperluan lain, termasuk Share dengan kawan-kawan melalui Whatsapp dan Instagram. Cara remove background sekaligus untuk banyak image juga bisa Mama lihat di short video dari Youtube Channel Apple Mama berikut:



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama