Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone, iPad


Menyembunyikan sebuah aplikasi di iPhone artinya Mama tidak uninstall aplikasi tersebut. Sebuah aplikasi yang disembunyikan masih bisa diakses dengan cara-cara tertentu dan data yang ada di dalamnya juga tetap aman, termasuk data login yang pernah Mama lakukan.

Cara menyembunyikan aplikasi dari Homescreen

Langkah pertama untuk menghilangkan jejak sebuah aplikasi adalah dengan menghapusnya dari Home screen. Cara ini tidak akan uninstall aplikasi ya Mams, melainkan hanya tidak menampilkan sebuah aplikasi dari Home screen dan Screen Page yang Mama buat.

  1. Tap and hold aplikasi yang akan disembunyikan.
  2. Pilih Remove App.
  3. Pilih Remove from Home screen.

Cara menyembunyikan aplikasi dari Spotlight Search & App Library

Setelah sebuah aplikasi berhasil dihilangkan dari Home screen, Mama perlu melakukan langkah lanjutan agar aplikasi tersebut tidak muncul di daftar app icon yang ada di App Library, sekaligus tidak muncul dalam pencarian Spotlight Search.

  1. Buka Settings app.
  2. Scroll ke bawah, temukan aplikasi yang ingin Mama sembunyikan.
  3. Pilih Siri & Search.
  4. Matikan semua toggle berwarna hijau menjadi inactive atau abu-abu.
  5. Selesai.

Meskipun sedikit ribet, tetapi cara ini cukup efektif menyembunyikan sebuah aplikasi ya Mams. Sebagai contoh, saat Mama ingin membatasi anak-anak untuk tidak menggunakan Youtube di iPhone yang Mama pakai, Mama bisa menggunakan cara ini untuk menyembunyikan aplikasi Youtube. Sebagai tambahan, Mama juga perlu melakukan cara serupa pada aplikasi App Store agar anak-anak tidak download ulang ataupun membuka aplikasi langsung dari App Store. 

Sayangnya, meskipun aplikasi tidak tersorot dalam pencarian via Spotlight search dan icon tidak tampak di App Library tetapi saat Mama melakukan pencarian menggunakan kolom App Library Search, aplikasi akan muncul. Artinya, aplikasi yang dimaksud memang tidak terhapus dari iPhone. 

Sekali lagi, dua cara di atas tidak untuk unisntall sebuah aplikasi karena aplikasi yang dimaksud masih aman di dalam iPhone beserta data di dalamnya. Mama hanya menyembunyikannya untuk satu atau lain alasan dan dapat membukanya kembali kapanpun Mama inginkan melalui App Library Search. Selamat mencoba!

Cara menyembunyikan aplikasi di iPhone juga bisa dilihat di short video di Youtube Channel Apple Mama:



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama