Cara Mengoneksikan Lock Screen dengan Focus di iPhone (iOS 16)


Bukan sekedar mengubah tampilan iPhone, fitur baru yang disematkan di Lock Screen melalui iOS 16 juga akan mengubah cara Mama menggunakan iPhone selama ini. Hal itu tak lepas dari ditambahkannya fitur widget dan Focus di Lock Screen iPhone yang telah mendapatkan update iOS 16.

Di versi iOS sebelumnya, Lock Screen sekedar layar terkunci bagi iPhone yang fungsinya sangat terbatas, terutama jika dipakai untuk mengakses aplikasi. Dengan ditambahkannya update Lock Screen melalui iOS 16, sekarang Mama bahkan bisa mengakses aplikasi Cuaca, misalnya, tanpa harus masuk terlebih dulu ke Home Screen iPhone.

Lebih dari itu, Apple tampaknya ingin lebih memudahkan hidup Mama melalui iPhone yang telah install iOS 16. Bagaimana tidak, jika sebelumnya Mama telah terbiasa mengeset Focus untuk berbagai kondisi, sekarang Mama akan jauh lebih mudah menggunakannya karena Focus terhubung dengan Lock Screen. Yang lebih menarik, untuk setiap Focus yang telah Mama set, Mama akan mendapatkan set Lock Screen (termasuk wallpaper dan Home Screen) berbeda sehingga memudahkan dalam membedakan satu Focus dengan Focus lainnya.

Sebagai pengingat, Focus adalah fitur yang diusung iOS 15, memungkinkan Mama mengeset iPhone untuk berbagai kondisi. Sebagai contoh, Mama mengeset sebuah Focus dengan nama "Kantor" yang membolehkan siapa saja menghubungi Mama melalui telepon dan pesan teks. Di sisi lain Mama juga punya Focus bernama "Family Time" yang Mama set agar tidak ada kolega kantor yang bisa menghubungi Mama, kecuali keluarga dekat. Focus dibuat bukan untuk mematikan iPhone secara keseluruhan ya Mams karena Mama bisa memilih notifikasi apa yang tetap ingin Mama dapatkan sementara hal-hal lain bisa Mama matikan agar Mama tidak merasa terganggu.

Di iOS 16, karena Focus bisa dikoneksikan dengan sebuah Lock screen maka saat Mama mengaktifkan satu Focus maka Lock Screen akan turut berubah. Karena itu pula iOS 16 dibuat agar Mama bisa mengeset lebih dari satu Lock Screen alias menambahkan Lock Screen di luar Lock Screen default yang tidak bisa dihapus.

Cara mengeset Focus di Lock Screen

  1. Pastikan iPhone telah install update iOS 16.
  2. Pastikan Mama telah membuat Focus di iPhone.
  3. Tap & hold Lock Screen untuk membuat Lock Screen baru.
  4. Tap + atau Add New.
  5. Pilih Wallpaper dari koleksi yang disediakan, atau buat wallpaper dari emoji, atau buat allpaper dari koleksi foto di Gallery.
  6. Tambahkan widget jika diperlukan.
  7. Ganti font dan warna Jam jika diperlukan.
  8. Di bagian bawah, tap Add Focus.
  9. Pilih salah satu dari daftar Focus yang telah Mama buat sebelumnya.
  10. Selesaikan proses mengeset Lock Screen:
    • Set as Wallpaper Pair: iOS akan menyelaraskan warna Lock Screen dan Home Screen, 
    • Customize Home Screen: Mama dipersilakan mengatur sendiri tema Home Screen, termasuk mengganti warna yang sesuai atau menggunakan foto yang tersimpan di Photos app.

  11. Tap Done yang ada di sudut kanan-atas.
Lakukan cara yang sama untuk Focus lain yang telah Mama buat. Dengan cara ini, ketika Mama berganti Focus maka Lock Screen dan wallpaper akan turut berubah. Untuk mengganti Focus, Mama tinggal swipe down dari bagian kanan-atas layar iPhone untuk memunculkan Control Center > tap Focus > Pilih salah satu nama Focus untuk mengaktifkan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama