Cara Edit Strong Password yang Disarankan iPhone (iOS 16)



Di Apple devices, baik iPhone, iPad ataupun Mac, Mama akan mendapati fitur strong password saat akan mengeset user ID untuk sebuah akun baru. Fitur ini secara otomatis memberikan sarans ebuah password dengan memadukan angka, huruf dan karakter lain yang disusun secara acak dan rumit. Strong password ini nantinya disimpan di server Apple sehingga Mama bisa membuka akun Gmail, misalnya, di semua Apple devices tanpa harus mengingat-ingat password tersebut.

Sebelum dirilis iOS 16, fitur strong password tidak memiliki opsi untuk diedit. Bagi Mama yang telah cukup lama menantikan fitur mengedit strong password, bersyukurlah karena Apple mengabulkan keinginan Mama melalui update iOS 16 untuk iPhone.

Cara mengubah strong password di iPhone

  1. Pastikan iPhone telah install update iOS 16.
  2. Buka Safari.
  3. Buka wepage yang akan Mama pakai untuk daftar akun baru.
  4. Masukkan user ID.
  5. Tap di kolom Password.
  6. Akan muncul panel strong password di bagian bawah layar, pilih Other Options...
    1. Edit Strong Password: untuk edit strong password yang disarankan.
    2. No Special Characters: strong password hanya terdiri dari huruf dan angka
    3. Easy to Type: strong password cenderung bisa dibaca dan mudah diketik ulang.
  7. Pilih salah satu dari 3 opsi yang ditawarkan:
  8. Dalam hal ini Mama bisa memilih opsi pertama untuk sedikit mengubah password yang disarankan. Hapus satu atau dua huruf/angka/karakter dan ganti dengan huruf/angka/karakter lain.
  9. Jika Mama tidak memilih satupun dari 3 opsi yang ditawarkan maka strong password yang ditawarkan akan langsung tersimpan sebagai password untuk akun yang tengah Mama buat.
Setelah proses di atas selesai, iCloud akan menanyakan apakah Mama ingin menyimpan password untuk website dan akun tersebut. Jika benar, nantinya Mama bisa dengan mudah login kembali tanpa mengingat password yang rumit tersebut. Jika lupa, Mama bisa copy-paste dengan terlebih dulu mengeceknya di Settings app > Password > masukkan Face ID, finger ID atau passcode iPhone.

Cara edit strong password di iPhone juga bisa dilihat di  video tutorial di Youtube channel Apple Mama berikut:




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama