8 Fitur Baru Photos App di iOS 16



Selain wajah baru Lock Screen, iOS 16 juga membawa update untuk Mail app dan Photos app. Sementara Mail app kini punya kemampuan mengirim scheduled emails, Photos app juga dilengkapi beberapa fitur baru yang tak kalah keren. Tidak hanya satu ya, Mams, aplikasi Photos di iPhone punya setidaknya 8 fitur baru yang wajib Mama tahu.

1. Keamanan untuk "Hidden Album" dan "Recently Deleted Album"

Di Photos app, saat Mama tap pada opsi Albums yang ada di bagian bawah layar iPhone, Mama bisa mendapati sejumlah folder yang memisahkan foto-foto berdasarkan beberapa kategori. Dua diantara dua kategori tersebut adalah Hidden Album (untuk menyimpan foto dan video yang bersifat rahasia/pribadi) dan Recently Deleted Album (tempat sampah sementara bagi foto dan video yang baru saja dihapus).

Di iOS 15, kedua album tersebut bisa diakses dengan mudah, tinggal tap saja pada masing-masing folder. Di iOS 16, Apple menambahkan level privasi sehingga foto dan video yang tersimpan di dalam Hidden Album dan Recently Deleted Album hanya bisa diakses dengan Face ID ataupun Touch ID dan Passcode.

(Hidden dan Recently Deleted album di iOS 16)

2. Deteksi foto ganda

Koleksi foto yang menumpuk di iPhone pastinya membuat Mama kesulitan untuk memilah dan memilih, mana yang harus disimpan, mana yang perlu dihapus. Tak jarang, foto ataupun screenshot yang serupa atau bahkan sama, tersimpan di Photos app tanpa Mama tahu telah memenuhi internal storage. Untuk mengatasi masalah tersebut, iOS 16 memiliki solusi berupa pendeteksi foto ganda.

Dua foto atau lebih yang dideteksi memiliki banyak kemiripan ataupun sama, akan ditempatkan dalam wadah khusus, yaitu di album Duplicates. Bisa jadi foto yang dimaksud memang sama atau sama dalam wujud tetapi berbeda dalam hal resolusi, jenis file, dll. Dalam hal ini pengenalan duplikasi hanya menyasar pada foto yang dideteksi sama wujudnya ya Mams. 

Di album Duplicate, Mama akan menemukan foto-foto yang dinilai sama. Selanjutnya Mama bisa memilih untuk menggabungkan (merge) sehingga tinggal satu foto saja yang tersisa melalui opsi Merge. Bukan sembarang menggabungkan ya Mams, Merge foto di iOS 16 mampu mengenali foto-foto yang diangap sama meskipun memiliki resolusi ataupun info metadata berbeda. Lalu bagaimana iOS 16 memilih foto yang layak disimpan?

(Duplicates album dan fitur Merge di iOS 16)



Sebagai contoh, jika Mama memiliki dua foto yang sama tetapi salah satunya memiliki kualitas HD sementara foto lainnya memiliki resolusi lebih rendah tetapi dilengkapi info metadata yang lebih rinci, iOS 16 akan menggabungkan keduanya. Hasilnya, satu foto dengan kualitas terbaik serta metadata yang lebih lengkap.

Proses pendeteksian foto kembar di iPhone dilakukan secara berkala oleh iOS 16. Jadi, jangan kaget jika saat ini Mama belum melihat folder Duplicates di Photos app tetapi dua menit kemudian telah ada folder Duplicates dengan foto-foto kembar di dalamnya. Klik di sini untuk tahu cara mencari foto dobel di iPhone dan menggabungkannya.

3. "Copy edit" dan "Paste Edit"

Seberapa sering Mama mengedit foto di Photos app? Pastinya cukup sering ya Mams mengingat menambahkan coretan ataupun mengatur saturasi warna foto bisa dilakukan langsung dari dalam Photos app. 

Ada kalanya Mama memiliki beberapa foto berbeda yang diambil di tempat dan kondisi yang sama, sebut saja 10 foto di pantai bersama teman-teman, dalam kondisi cuaca terik. Dalam hal ini Mama ingin mengedit foto-foto tersebut agar terlihat lebih redup. Di iOS 16, Mama bisa melakukan editing pada satu foto saja lalu copy apa yang Mama lakukan tadi untuk 9 foto lainnya.

Apple menyebutnya sebagai "copy edit" dan "paste edit," yang keduanya bisa ditemukan di Photos app di dalam iPhone yang telah menjalankan iOS 16. Untuk mengetahui cara menggunakan fitur Copy Edits dan Paste Edits, Mama bisa baca di artikel cara mudah edit banyak foto di iPhone.

4. Undo dan Redo untuk edit foto

Seperti namanya, Undo Edit adalah fitur untuk membatalkan proses edit yang Mama lakukan pada sebuah foto di Photos app. Redo Edit, di sisi lain, adalah fitur untuk melakukan kembali apa yang telah Mama batalkan tadi.

Kedua fitur Undo dan Redo Edit telah lama dinantikan pengguna iPhone hingga muncul di iOS 16. Fitur ini pastinya bakal sangat membantu saat Mama edit foto di dalam Photos app karena setiap perubahan yang Mama buat akan bisa di-undo ataupun di-redo menggunakan tombol yang disediakan. Klik di sini untuk tahu langkah-langkah undo/redo edit foto di Photos app.

5. Mengurutkan "People Album" berdasar abjad

Perubahan kecil pada Photos app ini cukup berarti, terutama bagi Mama yang rajin mengelompokkan foto-foto berdasarkan nama orang-orang yang ada di dalam foto tersebut. Dengan tambahan fitur "sorting" sekarang nama-nama orang yang telah Mama simpan di Photos app akan bisa diurutkan berdasarkan abjad.

6. iCloud Shared Photo Library

Pada dasarnya fitur baru ini serupa dengan iCloud Photo Library yang telah ada di versi sebelum iOS 16. Bedanya, iOS 16 menambahkan kemampuan untuk berbagi foto dalam iCloud Shared Photo Library hingga pada 5 orang yang Mama tentukan.

Bukan hanya berbagi ya Mams, kelima orang yang ada dalam iCoud Shared Photo Library tersebut punya akses untuk menambahkan, edit atau bahkan menghapus konten yang di-share.

7. Remove image background

Bisa jadi, ini adalah fitur paling keren yang diusung iOS 16 selain custom Lock Screen. Bagaimana tidak, jika sepanjang tahun kemarin banyak bermunculan aplikasi penghilang background image, Apple justru memberikannya gratis langsung di dalam Photos app.

Tanpa perlu install aplikasi lain, cukup tap pada foto yang diingankan, dan BOOM! Yang Mama dapatkan adalah subyek tanpa background yang selanjutnya bisa Mama kirim sebagai sticker melalui Message app, atau copy dan paste ke aplikasi lain. Cara remove background foto di iOS 16 bisa dilihat di sini.

8. Memories update

Di Photos app, Mama bisa mendapati fitur Memories yang merupakan video berisi koleksi foto dengan latar musik. Di iOS 16, sebuah update untuk Memories memungkinkan Mama untuk tap pada satu video Memories sehingga video akan dimulai dari awal namun musik akan terus diputar.

Satu lagi, sebuah toggle di dalam Photos app akan mencegah Memories dan Featured Photos agar tidak muncul dalan pencarian Widget ataupun dalam pencarian Search in Photos.

Nah, dari delapan fitur baru iOS 16 untuk Photos app di atas, fitur mana yang Mama anggap paling keren? Atau, adakah fitur yang seharusnya memang telah ada sejak dulu tetapi terlambat diberikan?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama