3 Fitur Baru di Mail App (iOS 16)



Diumumkan di Apple event di awal bulan September 2022, iOS 16 sekarang sudah disebar untuk sejumlah model iPhone. Mama bisa mengecek ketersediaan iOS 16 untuk iPhone yang Mama gunakan melalui Settings app > General > Software Update

Dengan bobot lebih dari 2GB , tentunya iOS 16 membawa banyak hal penting sekaligus menarik. Update iOS 16 ini bukan saja bakal menjadikan iPhone lebih canggih tetapi juga tambah cantik dari segi penampilan dengan apa yang disajikan di layarnya. Di Email app, misalnya, Mama akan mendapati setidaknya tiga fitur baru yang akan memudahkan pekerjaan.

1. Schedule Emails

Di Email app bawaan iPhone, sekarang Mama bisa mengatur waktu pengiriman sebuah email. Sekedar info, fitu ini sebenarnya sudah lama ada di aplikasi email lain yang tersedia di App Store. Dengan memberikan fitur schedule emails di iOS 16, tampaknya Mama tidak punya lagi alasan untuk install aplikasi email pengganti Mail app di iPhone.

Seperti namana, fungsi schedule emails tentu saja adalah untuk menjadwalkan pengiriman email sesuai waktu yang Mama inginkan. Sebagai contoh, sebuah email yang Mama tulis jam 11 malam bisa Mama atur agar terkirim ke si penerima pada esok hari jam 8 sore. Cara ini akan sangat membantu pekerjaan terutama jika email yang Mama tulis ditujukan pada seseorang yang hanya memeriksa email jam 8 pagi di kantor, misalnya. Dengan menggunakan schedule email maka email yang Mama kirim bakal langsung dibaca oleh si penerima di waktu yang tepat.

Juga, seringkali ide untuk menulis sebuah email muncul di tengah malam, atau saat Mama di perjalanan. Dengan fitur schedule email, Mama bisa menulis sebuah email kapanpun ide itu datang dan mengirimkannya pada si penerima di waktu yang telah Mama tentukan.

Cara menjadwalkan pengiriman email menggunakan fitur schedule email di iOS 16 cukup mudah ya, Mams. Mama hanya perlu memasukkan tanggal/bulan/tahun serta jam dan menit yang Mama inginkan sehingga email bakal dikirim sesuai waktu yang telah Mama tentukan tersebut.

2. Undo Send

Fitur Undo Send memungkinkan Mama "membatalkan" email yang sudah terlanjur terkirim. Ya, karena satu atau lain hal, bisa saja Mama melupakan hal-hal penting di dalam sebuah email, termasuk lupa attach sebuah file ke email tersebut. Dengan fitur baru Undo yang dibawa iOS 16, email yang telah Mama kirim melalui Mail app di iPhone memungkinkan untuk ditarik kembali.

Tapi perlu diingat ya Mams, fitur Undo ini hanya berlaku tidak lebih dari 2 menit setelah email terkirim. Setelahnya, Mama tidak bisa membatalkan email yang sudah kadung dikirim melalui Mail app.

3. Update Search

Di Mail app di iOS 16, Mama akan mendapati pembaruan dari fungsi Search yang telah lama ada. Diklaim lebih canggih, fitur Search di Mail app.

Update yang dimaksud termasuk ditampilkannya lebih banyak hasil pencarian seketika Mama mengetikkan sebuah kata kunci untuk mencari sebuah email. Layar iPhone akan menunjukkan lebih banyak email yang mengandung kata yang tengah Mama ketik. 

Tak hanya itu, update iOS 16 untuk Search di Mail app juga akan membetulkan salah ketik (typo) saat Mama memasukkan keyword sekaligus mencarikan padanan kata (sinonim) dari kata tersebut. Keren kan?


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama