3 Fitur Baru Camera App di iOS 16



Fitur baru apa saja yang telah Mama coba di iPhone setelah update iOS 16? Bisa disebut custom Lock Screen dan remove background image di Photos app menjadi fitur yang paling banyak mendapatkan sorotan sekaligus langsung dicoba. Tapi tahukah Mama kalau selai itu iOS 16 juga membawa banyak perubahan dan update penting di banyak bagian iPhone, termasuk di aplikasi Camera?

Di Camera app iPhone yang telah menjalankan iOS 16, ada sejumlah fitur baru yang sayang jika Mama lewatkan. Apa saja?

1. Foreground Blur

Di iOS 14 Mama bisa mendapati fitur background blur saat menggunakan opsi Portrait di Camera app. Fitur ini akan menjadikan subyek dengan kontras dan pencahayaan cukup tajam namun berlatar buram. Di iOS 16, Apple menambahkan kemampuan lebih berupa foreground blur. 

Seperti namanya, foreground blur di iOS 16 akan manjadikan kamera iPhone mampu menangkap subyek dengan tambahan fitur blur pada obyek di bagian latar depan. Hasilnya, sebuah foto dengan kedalaman area yang terlihat lebih nyata. Fitur ini bisa Mama temukan saat menggunakan Camera app dan memilih opsi Portrait.

Sebelum mencari-cari fitur foreground blur di Camera app, pastikan dulu device yang Mama punya adalah iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, dan tentunya iPhone rilisan yang lebih baru.

2. Translate Camera

Fitur baru untuk Camera app ini akan sangat membantu saat Mama bepergian ke luar negeri. Bagaimana tidak, hanya dengan mengaktifkan kamera iPhone lalu mengarahkannya pada lembar pengumuman di sebuah klinik kesehatan di China, misalnya, Mama bakal bisa mendapatkan hasil terjemahan instan ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa lain yang Mama inginkan.

Fitur translate instan di Camera app ini melangkapi fitur Live Text yang diberikan iOS 15.4. Sebelum iOS 16, fitur Live Text di iPhone bisa dipakai untuk copy teks yang ada di foto untuk di-paste sebagai teks, atau juga memotret tulisan tangan untuk dijadikan teks yang bisa diedit. Di iOS 16, Apple melebarkan jangkauan Live Text langsung di aplikasi Kamera dengan menghasilkan hasil terjemahan langsung tanpa copy-paste, bahkan tanpa memotret subyek yang akan diterjrmahkan  

Meski begitu, pengguna Android ataupun iPhone yang telah lama install Google Translate sudah mengerti cara kerja penerjemahan menggunakan kamera. Itu karena Google Lens di aplikasi Google Translate telah cukup lama memiliki fitur serupa. 

3. Cinematic Mode yang lebih akurat

Fitur Cinematic Mode bisa ditemukan di Camera app di sejumlah model iPhone, tidak termasuk iPhone 12 series dan iPhone rilisan sebelumnya. Di iOS 16, Apple memberikan update pada fitur Cinematic Mode sehingga menghasilkan kedalaman foto yang jauh lebih baik terutama untuk subyek berupa gelas ataupun rambut.  


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama