Cara Backup Mac TANPA Time Machine

image credit: apple


Jika ingin melakukan backup Mac secara keseluruhan, baik dalam hal file ataupun system, tentunya menggunakan Time Machine adalah jawaban yang paling tepat. Cara backup Mac dengan cara lain, seperti menggunakan iCloud, tidak bisa disebut backup sepenuhnya mengingat yang dilakukan sebatas sinkronisasi file (foto, musik, mail, dll) seperti halnya iPhone sync via iCloud.

Sementara backup Mac menggunakan Time Machine via HDD eksternal memerlukan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, Mama bisa memilih cara lain tanpa melibatkan Time Machine. Masih menggunakan HDD eksternal ataupun flash drive berkapasitas besar, cara backup Mac yang dimaksud bisa dilakukan langsung dengan cara memanfaatkan Disk Utility yang ada di Mac.

Cara backup Mac tanpa Time Machine

  1. Nyalakan Mac.
  2. Koneksikan HDD eksternal ke Mac.
  3. Restart Mac sembali menekan dan tahan dua tombol keyboard Command + R.
  4. Setelah layar Mac aktif, buka Disk Utility dari Launchpad.
  5. Pilih Drive, lalu pilih Edit > Restore.

Dengan cara di atas Mama telah memerintahkan Disk Utility untuk restore semua data di Mac ke HDD eksternal yang sebelumnya telah terhubung. Selanjutnya Mac akan melakukan copy seluruh data yang dimaksud ke dalam hard drive eksternal.

Cara backup di atas tanpa Time Machine tentu tidak memiliki keunggulan seperti saat Mama melakukan backup via Time Machine. Salah satunya adalah tidak adanya kemampuan melakukan backup otomatis serta menghapus data backup lama saat kapasitas penyimpanan sudah menipis. 

Apapun cara backup Mac yang Mama pilih, Mama telah bisa menghapus data backup baik karena untuk menghemat storage ataupun karena alasan lain. Setidaknya, ada tiga cara menghapus backup Mac dengan mudah yang bisa Mama pilih.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama