3 Cara Menghapus Backup Mac di Time Machine


Salah satu cara menyelamatkan data di Mac adalah dengan melakukan backup. Sementara ada tiga cara untuk backup Mac, Mama bisa mengandalkan cara backup Mac menggunakan Time Machine agar nantinya Mama bisa restore backup ke dalam Mac, baik Mac yang sama ataupun Mac baru. 

Setelah melakukan backup Mac menggunakan Time Machine, Mama bisa menghapus backup tersebut. Menghapus data backup Mac di Time Machine perlu dilakukan mengingat data backup Mac yang tersimpan menggunakan Time Machine cukup besar ya Mams. 

Jika backup Mac menggunakan HDD eksternal, kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan sedikitnya 4x dari data di Mac yang bakal Mama backup. Karenanya, setelah backup sukses dilakukan, Mama perlu menghapus data tersebut jika nantinya hard disk eksternal akan Mama pakai untuk keperluan lain.

Normalnya, Time Machine bakal secara otomatis menghapus data backup lawas dan akan menumpuknya dengan data backup baru. Jika Mama melakukan backup Mac di drive internal dan mengaktifkan Time Machine, saat storage untuk backup telah menipis maka Mac akan menghapus segala data yang dianggap tidak perlu, termasuk data backup lama dan menumpuknya dengan data backup yang lebih baru. Meski begitu, selalu ada alasan untuk menghapus data backup Mac di Time machine secara manual ya Mams.

Cara menghapus sebagian data backup Mac di Time Machine 

  1. Buka Time Machine di Mac dengan cara mencarinya di Spotlight atau klik ikonnya di Menu Bar.
  2. Pilih Enter Time Machine.
  3. Scroll ke bawah hingga Mama menemukan data backup yang ingin dihapus.
  4. Klik elipsis (3-titik) yang ada di bagian atas folder konten.
  5. Pilih Delete Backup.
  6. Masukkan password Mac untuk melanjutkan proses delete backup.

Cara menghapus seluruh data backup Mac di Time Machine

Untuk menghapus seluruh data backup di Mac, Mama tidak perlu memilih dan memilah per tanggal update yang tersimpan di Time Machine karena Mama bisa melakukannya sekaligus dalam satu langkah saja.
  1. Buka Finder.
  2. Cari lokasi tempat Mama menyimpan data backup Time Machine, baik di HDD eksternal atau di drive lain di internal Mac.
  3. Arahkan ke folder Backups.backupdb untuk melihat isi files di dalamnya.
  4. Pilih semua file di dalamnya dengan cara menekan tombol Command + A di keyboard, lalu tekan tombol Command + Delete di keyboard.

Cara menghapus data backup melalui Network Drive

Cara ini bisa Mama pakai jika data backup Time Machine tersimpan di hard drive eksternal yang terhubung melalui Wi-Fi. Cara menghapus data backup Time Machine via Network Drive ini sedikit berbeda dari dua cara di atas ya Mams mengingat data backup yang tersimpan berbentuk sparsebundle alias disk image yang diformat khusus untuk MacOS.

  1. Di Mac, cari file backup yang akan Mama hapus.
  2. Klik 2x pada file sprasebundle, tunggu beberapa saat agar image file tersebut termuat di Mac.
  3. Di Locations, klik 2x pada new location.
  4. Cari lokasi file yang ingin Mama hapus.
  5. Klik kanan pada file atau folder yang bakal dihapus, pilih Delete.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama