Bukan Sulap, Begini Cara Keren Menyalakan Flash di iPhone



Di iPhone (juga iPad), Mama bisa menggunakan shortcut untuk melakukan fungsi yang secara normal harus diakses melalui beberapa langkah. Sebagai contoh, fungsi screenshot atau menangkap layar iPhone secara default bisa dilakukan dengan menekan bersamaan tombol fisik yang ada di iPhone (tergantung model iPhone). Menggunakan short key, Mama cukup tap 2x pada layar iPhone untuk mendapatkan screenshot.

Hal serupa juga bisa Mama dapatkan dengan memanfaatkan back tap. Cara ini memungkinkan iPhone mendapatkan screenshot saat Mama tap bagian belakang iPhone. Jika iPhone yang Mama pakai saat ini gagal melakukan back tap untuk screenshoot, ada beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya.

Singkat kata,  memakai backtap ataupun tap di layar iPhone, artinya, Mama bisa “custom” perintah tertentu untuk keperluan tertentu. Back tap, misalnya, tidak harus berfungsi sebagai screenshoot tetapi Mama bisa menggantinya untuk perintah lain, seperti Restart, membuka Control Center, termasuk untuk mengaktifkan Flashlight, alias lampu senter di iPhone.

Bagi Mama yang tinggal di daerah yang kerap mengalami pemadaman listrik, selain menyediakan lampu emergency, bisa pula Mama memanfaatkan lampu flash yang ada di iPhone untuk keperluan mendesak. Dalam hal ini Mama bisa memfungsikan perintah back tap sehingga menyalakan Flashlight cukup dengan tap bagian belakang iPhone. Terdengar sangat keren bukan, Mams?

Cara keren menyalakan lampu senter di iPhone

  1. Buka Settings app di iPhone.
  2. Scroll ke bawah, tap Accessibility.
  3. Tap Touch.
  4. Scroll ke bawah, pilih Back Tap.

  5. Pilih salah satu: Double Tap (untuk perintah 2x tap di punggung iPhone) atau Triple Tap (untuk perintah 3x tap di punggung iPhone).
  6. Scroll ke bawah untuk memilih Flashlight. Tap saja maka akan terlihat tanda centang di sisi kanan.
  7. Selesai.
Berbeda dari back tap untuk screenshoot, back tap untuk menyalakan Flashlight di iPhone memiliki dua fungsi, yaitu menyalakan lampu senter dan mematikannya. Saat tap 2x (atau 3x) Flashlight akan nyala, setelahnya saat Mama tidak lagi membutuhkan penerangan, Mama bisa tap 2x (atau 3x) untuk mematikannya. Cara ini tentunya lebih cepat sekaligus keren daripada harus mengakses Control Center di iPhone terlebih dulu. Coba saja!

Cara menyalakan lampu Flash menggunakan tap di bagian layar iPhone juga bisa dilihat melalui short video dari Youtube Channel Apple Mama berikut:



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama