Cara Menghasilkan Gambar JPG dari Kamera iPhone, iPad


Di iPhone dan iPad, format default untuk setiap foto yang diambil menggunakan kamera adalah HEIC. Format ini diklaim Apple jauh lebih baik ketimbang JPG yang umum dipakai di perangkat lain, termasuk Android. Tanpa mengurangi kualitas foto yang dihasilkan, HEIC justru mampu menghasilkan file foto dengan ukuran lebih kecil yang artinya bisa disimpan dalam jumlah besar dalam storage iPhone. 

Jika Mama belum mengubah setting di iPhone maka setiap foto yang diambil menggunakan kamera iPhone akan berupa file HEIC. Untuk kebutuhan pekerjaan, editing atau lainnya, Mama bisa mengubah file HEIC/HEIF dari iPhone menjadi file JPG melalui beberapa cara. Tetapi jika ingin file foto di iPhone selalu dalam format JPG, Mama bisa mengaturnya langsung dari dalam iPhone sehingga Mama tidak perlu lagi mengubah HEIC ke JPG secara manual.

Cara convert permanen file foto HEIC menjadi JPG di iPhone

  1. Buka Settings app di iPhone.
  2. Scroll ke bawah, pilih aplikasi Camera.
  3. Tap Formats.
  4. Tap Most Compatible.
Dengan mengaktifkan (centang) opsi Most Compatible, kamera iPhone akan menghasilkan file JPG setiap kali dipakai memotret. Untuk mengeceknya, Mama bisa shoot dan melihat hasilnya di Photos app untuk mengetahui informasi mengenai foto tersebut. Jika pengaturan dilakukan dengan benar maka foto yang dihasilkan akan menunjukkan file JPEG, bukan HEIC seperti sebelumnya. 

Sebelum mencobanya silakan lihat dulu cara membuat image JPG dari kamera iPhone (iPad) melalui short video dari Youtube Channel Apple Mama berikut:




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama