3 Cara Konversi Foto HEIC ke JPG di iPhone, iPad



Apple menggunakan format HEIC untuk semua foto yang diambil menggunakan kamera iPhone ataupun iPad. Bagi Apple, HEIC adalah pilihan terbaik untuk tetap mempertahankan kualitas foto iPhone dan iPad sementara file tidak membutuhkan storage yang besar. Secara umum format HEIC diklaim lebih baik dibanding JPG.

Jika karena satu dan lain hal Mama ingin mengubah HEIC di iPhone/iPad menjadi JPG seperti di kebanyakan sistem format untuk foto, termasuk di perangkat Android, Mama bisa melakukannya langsung dari dalam iPhone atau iPad. Itu karena kamera iPhone punya kemampuan untuk menghasilkan foto JPG tanpa harus melalui proses HEIC. 

Namun jika selama ini Mama belum sempat mengubah setting kamera iPhone dari HEIC ke JPG, artinya Mama harus mengubah foto-foto yang tersimpan di gallery secara manual menjadi JPG. Tidak perlu aplikasi konversi ataupun memindah foto ke komputer ya Mams.

1. Mengubah file foto HEIC ke JPG via Files app

  1. Dari Photos app, buka foto yang ingin diubah ke JPG.
  2. Tap icon Share di bagian kiri bawah.
  3. Tap Copy Photo.
  4. Buka aplikasi Files.
  5. Pilih On My iPhone.
  6. Tekan dan tahan di area kosong, pilih Paste.
Perlu dicatat bahwa Mama harus memilih opsi Copy dan Paste seperti tertulis di langkah di atas. Jika Mama memilih opsi Save to Files maka foto yang tersimpan di Files app akan tetap dalam format HEIC.

Sementara menggunakan cara di atas, foto HEIC yang tadi Mama copy dari Photos app telah berubah menjadi JPG dan tersimpan di Files app. Untuk mengeceknya Mama bisa tap & hold pada foto lalu pilih Get Info, akan terlihat file foto telah berubah ke JPG.  Jika ingin menyimpan kembali file foto JPG ke Photos app, tap foto lalu pilih ikon Share lalu Save Image agar bisa diakses di Photos app.

Cara convert file foto HEIC atau HEIF di iPhone menjadi file JPG atau PNG juga bisa Mama lihat melalui short video dari Youtube Channel Apple Mama berikut:


2. Mengubah file foto HEIC ke JPG via email

Cara mudah lainnya untuk mengubag foto HEIC di iPhone ke JPG adalah dengan mengirimnya via email. Cara ini terdengar lucu ya Mams tetapi tidak ada salahnya Mama mencoba mengirim foto HEIC yang tersimpan di iPhone atau iPad ke email pribadi Mama.

Mail app atau aplikasi lain yang Mama install di iPhone atau iPad akan secara otomatis mengkonversi file HEIC ke JPG sehingga file yang Mama terima tentu saja telah berubah JPG.

3. Mengirim file foto HEIC menjadi JPG via Mac/PC

  1. Buka Settings app di iPhone.
  2. Scroll ke bawah, tap Photos.
  3. Scroll ke bawah, tap Transfer to Mac or PC.
  4. Pilih Automatic.
Di Mac lawas, bisa jadi Mama mendapati kalau Mac belum support HEIC dan bisa jadi selama ini Mama membuka foto HEIC di Mac dengan bantuan aplikasi tertentu. Perlu Mama tahu kalau Apple telah memberikan jalan keluar melalui rilis iOS 11 beberapa tahun lalu sehingga Mac bisa menerima foto dengan format yang kompatibel, dalam hal ini adalah JPG, menggunakan cara di atas.



Di MacOS yang lebih baru, Mama tidak perlu repot memikirkan HEIC atau JPG karena Mac bisa membuka format HEIC dari iPhone atau iPad tanpa masalah. Mengirim file dari iPhone/iPad ke Mac bisa dilakukan dengan cepat menggunakan fitur AirDrop.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama