2 Cara Memindah Cursor di iPhone, iPad



Hal apa yang paling sering Mama lakukan di layar iPhone? Tap dan swipe bisa jadi adalah jawaban yang paling masuk akal mengingat desain iPhone yang menggunakan layar sentuh sepenuhnya. Tentu saja hal ini berbeda dari ponsel jadul yang meminta Mama memencet tombol-tombol untuk menjalankan fungsinya. Karenanya, tidak heran jika sebagian besar fungsi iPhone membutuhkan tap dan swipe di layar sentuh, meskipun iPhone masih mempertahankan beberapa tombol fisik untuk beberapa fungsi lain, seperti tombol ON/OFF ataupun tombol Volume.

Di sisi lain, Mama punya opsi untuk menambahkan keyboard fisik baik di iPhone ataupun iPad tetapi untuk keperluan harian seperti mengetik di media sosial atau email, Mama juga cukup memanfaatkan keyboard virtual yang ada di layar sentuh iPhone/iPad. Didesain untuk bisa digunakan satu tangan atau dua tangan, keyboard iPhone bahkan bisa Mama posisikan melayang sehingga memudahkan memindah keyboard ke bagian manapun dari layar iPhone (juga iPad). 

Jika telah terbiasa menggunakan keyboard di PC, Mama tentu tidak akan mengalami masalah saat menggunakan keyboard fisik sebagai aksesoris tambahan iPhone atau iPad. Memindah cursor, misalnya, bisa dilakukan manual dengan tombol panah atas, bawah, kiri, atau kanan. Lalu bagaimana jika ingin memindah cursor di layar sentuh iPhone dengan hanya mengandalkan keyboard virtual?

1. Tap & hold pada cursor

Saat menggunakan keyboard iPhone untuk mengetik, tidak jarang Mama melakukan typo sehingga harus mengetik ulang kata yang sama. Atau, Mama memilih menggeser cursor untuk disisipkan di kata yang salah ketik sehingga bisa diketikkan satu atau dua huruf yang belum ada. 

Cara umum yang dipakai pengguna iPhone untuk memindah cursor adalah dengan tap & hold pada cursor tersebut. Setelahnya, cursor bisa digerakkan kemanapun untuk dilepas di tempat yang dituju. Menempatkan cursor di sela-sela huruf bisa jadi cukup sulit ya Mams, terutama bagi Mama yang kurang sabar mengingat ukuran cursor dan huruf yang kecil dan berdempetan jaraknya. 

2. Tap & hold pada Space Bar

Jika selama ini Mama menggerakkan cursor dengan cara tap & hold pada cursor sehingga bisa diposisikan di antara huruf-huruf, ada cara lain yang layak Mama coba. Cara ini dijamin jauh lebih mudah dibanding melakukan tap & hold pada cursor di layar iPhone atau iPad.

  1. Ketikkan beberapa kata di aplikasi Notes atau penggantinya, atau sembarang aplikasi lain yang bisa menerima entry, termasuk di aplikasi menulis untuk iPad ataupun aplikasi email untuk iPhone.
  2. Saat keyboard aktif di layar iPhone, tap & hold tombol Spasi
  3. Dengan menekan dan tahan Spasi, keseluruhan tombol keyboard akan menyembunyikan huruf. Artinya, papan keyboard akan terlihat kosong. 


  4. Masih menekan tombol Spasi, gerakkan jari (jempol) di tiap bagian papan keyboard.
  5. Bisa Mama lihat saat Mama menggeser jempol di keyboard, cursor ikut bergerak sesuai arah jempol.
  6. Tempatkan cursor di bagian yang ingin Mama ketikkan huruf atau hapus.
  7. Selesai.
Nah dari dua cara memindah posisi cursor di atas, cara mana yang Mama anggap paling mudah dan cepat dipakai di iPhone dan iPad? Simak juga cara mudah memindah cursor di iPhone dan iPad melalui short video dari Youtube Channel Apple Mama berikut:



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama