Jaga Privasi, Hapus Lokasi Sebelum Share Foto (iPhone, iPad)



Sebuah foto yang Mama ambil menggunakan kamera iPhone turut merekam berbagai informasi yang menyertainya. Di rilisan iPhone lawas, informasi yang menyertai sebuah foto cukup terbatas ya Mams sehingga Mama butuh aplikasi lain untuk melihat detil foto.

Di rilisan iPhone yang lebih baru, informasi tentang sebuah foto telah lebih lengkap. Mama bisa melihat dimensi foto, jenis kamera yang dipakai, serta detil fotografi lain yang kerap dibutuhkan oleh fotografer profesional. Yang menarik, saat GPS aktif, foto yang Mama buat menggunakan kamera iPhone juga turut merekam lokasi. Karenanya Mama perlu mengecek detil foto, terutama yang berkaitan dengan data lokasi, sebelum mengirim sebuah foto melalui email, Messages, Whatsapp atau saat ingin posting foto di media sosial.

Cara mematikan lokasi di sebuah foto di iPhone, iPad

  1. Buka Photos app
  2. Temukan foto yang bakal di-share
  3. Swipe up dari bawah layar iPhone untuk memunculkan informasi foto


  4. Terlihat detil foto, termasuk lokasi pengambilan foto jika saat memotret GPS masih aktif.
  5. Tap icon Share untuk mengirim foto. 
  6. Tap Options di bagian atas foto. 
  7. Geser toggle Location ke arah OFF untuk mematikan lokasi.


  8. Tap Done
  9. Pilih kontak yang Mama tuju; email, WhatsApp, Messages atau aplikasi lain. 
  10. Selesai. 

Dengan cara di atas Mama cukup merasa aman karena lokasi pengambilan foto atau video tidak turut terkirim ke si penerima. Ingat ya Mams, kejahatan di dunia maya bisa dilakukan melalui banyak cara, termasuk mengumpulkan data lokasi dari sebuah foto. Jadi, sebaiknya selalu berhati-hati dan waspada sebelum posting foto atau video di media sosial.

Cara menghapus data lokasi yang menempel di foto/video di iPhone atau iPad juga bisa Mama lihat melalui short video dari Youtube Channel Apple Mama berikut:



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama