Cara Menghapus Permanen Foto dan Video dari iPhone


Tergantung tipenya, iPhone dirilis dalam beberapa pilihan memory internal alias internal storage atau kapasitas penyimpanan internal. Besar kecil storage (64GB, 128GB, 256GB, 512GB) akan berpengaruh pada banyak atau sedikitnya data yang bisa Mama simpan di iPhone. 

Data yang ada di iPhone semuanya mengambil peran dalam pemakaian memory internal ya Mams. Bukan saja koleksi foto dan video, tetapi juga aplikasi bawaan yang terinstall (Phone, Camera, Notes, dll.) dan aplikasi third-party yang Mama download dari App Store, semuanya memiliki besar file yang bakal dihitung oleh iOS.

Aplikasi beserta data di dalamnya, termasuk WhatsApp dan isi chat dan transfer foto, selama belum Mama hapus maka isi WhatsApp tetap memiliki andil dalam pengguanan ruang di internal memory. Hal serupa juga berlaku pada aplikasi bawaan iPhone, seperti Photos. Camera iPhone dengan resolusi tinggi pastinya menghasilkan foto dan video dengan file cukup besar sehingga memakan storage yang juga besar (cara mengecek ukuran masing-masing foto dan video di iPhone bisa Mama lihat di sini). 

Demi menghemat storage, bisa jadi Mama suka menghapus file foto dan video dari Photos app. Yang menarik, menghapus foto dan video di iPhone belum sepenuhnya bisa “membuang” data tersebut dari storage iPhone. Faktanya, sebuah foto yang telah Mama hapus bisa didapat kembali (restore) selama belum melebihi kurun waktu tertentu yang ditentukan iOS. Alih-alih menguntungkan, data foto dan video yang telah terhapus tersebut justru punya andil dalam memenuhi internal storage ya Mams.

Cara menghapus permanen foto dan video dari iPhone

  1. Buka Photos app di iPhone.
  2. Tap icon Albums di bagian bawah layar iPhone.


  3. Scroll ke paling bawah, tap Recently Deleted yang ditandai dengan icon tempat sampah.
  4. Jangan terkejut jika di dalam folder Recently Deleted bisa Mama temukan puluhan bahkan ribuan koleksi foto dan video yang sebelumnya telah Mama hapus.
  5. Pilih Select di pojok-kanan atas layar iPhone.
  6. Di bagian bawah, pilih Delete All untuk menghapus seluruh foto dan video secara permanen.
  7. Selesai.


Dengan membersihkan folder Recently Deleted di Photos App, Mama telah berhasil menyelamatkan beberapa bagian storage iPhone. Melalui Settings app > General > iPhone Storage, Mama bisa cek berapa sisa memory internal yang Mama dapatkan dari menghapus permanen seluruh foto dan video di folder Recently Deleted di aplikasi Photos.

Update: dimulai dari rilis iOS 16, Mama perlu memasukkan sistem pengaman iPhone (face ID, finger ID atau passcode) untuk bisa mengakses Recently Deleted Album di iPhone. Ini adalah salah satu dari 8 fitur baru yang diusung iOS 16 untuk iPhone. Hal yang sama juga diperlukan saat Mama mengakses Recently Deleted Album di iPad yang telah menjalankan iPadOS 16.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama