Cara Menggunakan Mouse di iPad

(image credit: apple)


iPad bisa menggantikan laptop gak sih Mams? iPad dibuat untuk mengisi kategori tablet dengan ciri layar sentuh, mudah dibawa, wireless serta dukungan aplikasi mobile dengan ukuran file jauh lebih ringan dibanding aplikasi desktop. Tergantung kebutuhan Mama, tentu saja dalam beberapa hal iPad telah mampu menggantikan peran laptop, termasuk untuk mengirim email menggunakan banyak opsi email app, mengetik laporan melalui aplikasi menulis untuk iPad, video conference lewat Zoom atau aplikasi penggaatinyabahkan menggambar dengan Apple Pencil dan aplikasi menggambar yang banyak tersedia di App Store.

Yang tak kalah penting, Apple juga telah memberikan dukungan pemakaian mouse untuk iPad. Menggunakan iPad bakal jauh lebih mudah terutama jika Mama telah terbiasa dengan mouse untuk pekerjaan harian baik di kantor atau di rumah. Mouse tentu saja akan membuat pekerjaan lebih cepat selesai dibanding menggunakan Trackpad di Macbook, misalnya, mengingat mouse lebih fleksibel tanpa Mama harus menghapal gesture jari tangan untuk beragam fungsi di Trackpad.

Cara menggunakan mouse di iPad

  1. Pastikan iPad yang Mama pakai telah memiliki mouse support, baik tipe iPad ataupun iPadOS yang menjalankannya.
  2. Pastikan mouse telah aktif dengan cara mengecek tombol ON/OFF yang ada di mouse. 
  3. Aktifkan Bluetooth di iPad melalui Control Center.
  4. Buka Settings app.
  5. Tap Bluetooth.
  6. Di bawah Other Devices, akan muncul nama atau kode mouse yang telah Mama aktifkan.
  7. Tap pada nama mouse.
  8. Tunggu hingga muncul notifikasi pairing, tap Pair di iPad.
  9. Selesai.

Setelah iPad dan mouse berhasil dikoneksikan, Mama bisa menggunakan mouse tersebut sebagai pengganti fungsi touch di layar iPad. Dengan mouse, Mama bakal menjumpai pointer yang umumnya ada di desktop namun dengan bentuk bundar. Pointer inilah yang berfungsi sebagai pengganti ujung jari Mama dalam mengoperasikan iPad. 

Daripada penasaran, coba yuk Mams mengoneksikan mouse ke iPad sehingga Mama bisa merasakan perbedaan mengoperasikan iPad dengan jari atau mouse; lebih nyaman mana?


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama