Cara Mengeset Alarm Sahur di iPhone


Umat Muslim kembali melaksanakan ibadah puasa Ramadhan tahun ini. Bagi Mama yang menjalankan puasa, persiapan apa yang sudah Mama lakukan untuk makan sahur esok hari?

Selain menyiapkan menu sehat dari resep-resep yang disediakan aplikasi memasak, yang tak kalah penting adalah bangun tepat waktu ya Mams. Jika tidak ada asisten di rumah, artinya Mama harus bangun lebih awal agar memasak atau sekedar menghangatkan makanan dan membuat minuman hangat bagi keluarga masih sempat Mama lakukan. 

Dengan bantuan iPhone, tentu saja Mama bisa menyetel alarm sesuai jam yang Mama perkirakan cukup untuk persiapan menjelang makan sahur. 

Cara menyetel alarm di iPhone

  1. Buka Settings app di iPhone. 
  2. Tap Clock icon atau Clock widget yang ada di Home atau Page screen.

  3. Tap icon Alarm di bagian bawah.
  4. Tap tanda PLUS (+) di bagian kanan-atas layar untuk menambahkan satu alarm .
  5. Scroll ke bawah/atas untuk menentukan jam dan menit Mama ingin dibangunkan oleh iPhone. 
  6. Tap opsi Repeat, pilih semua opsi hari agar alarm tetap aktif setiap hari.
  7. Tap Label untuk menamai alarm.
  8. Tap Sound untuk memilih suara alarm.
  9. Tap Save di kanan-atas untuk menyelesaikan. 
Saat kembali ke menu utama alarm, bisa Mama lihat sebuah alarm telah diset dengan nama yang tadi sudah Mama masukkan. Jika Mama rasa ada kesalahan pada jam atau detil lainnya Mama bisa menghapus alarm dengan cara swipe ke kiri di alarm, pilih Delete. Jika ingin menambah alarm baru untuk keperluan lain, Mama bisa mengulang langkah di atas, lalu namai alarm sesuai keperluan. 

Selain bisa diakses melalui aplikasi Clock, Mama juga bisa menempatkan alarm di Control Center. Sebelumnya, Mama perlu mengeset agar icon alarm muncul di Control Center.

Cara menempatkan alarm di Control Center

  1. Buka Settings app. 
  2. Tap Control Center. 
  3. Scroll ke bawah hingga menemukan Alarm daftar MORE CONTROLS. 
  4. Tap tanda + di Alarm sehingga alarm pindah ke atas, masuk di daftar INCLUDED CONTROLS. 
  5. Tutup Settings app. 


Sekarang cobalah mengakses Control Center di iPhone yang Mama gunakan. Ya, icon Alarm telah muncul di sana. Selanjutnya Mama bisa menambahkan alarm baru, menghapus, mematikan ataupun mengaktifkan alarm yang telah ada. 

Selain alarm iPhone yang berfungsi membangunkan, Mama bisa mendapatkan notifikasi lain terkait bulan puasa Ramdhan melalui aplikasi-aplikasi Ramadhan. Di dalam aplikasi tersebut Mama bisa mendapatkan jadwal sholat dan imsakiyah, Al-Quran digital, berinfaq dan zakat, serta masih banyak fitur lain yang Mama butuhkan selama bulan puasa Ramadhan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama