5 Cara Hemat Baterai Mac



Seperti halnya iPhone dan iPad, Mac punya beberapa opsi untuk menghemat penggunaan baterai. Opsi tersebut bisa Mama aktifkan, terutama saat Mama bekerja dalam perjalanan dan tidak tersedia sumber listrik untuk mengisi-ulang baterai Mac.

Meskipun di MacOS Catalina dan versi sebelumnya telah tersedia beberapa fitur untuk menghemat baterai tetapi jika Mama telah menggunakan Mac yang telah menjalankan OS yang lebih baru, Mama bakal mendapatkan lebih banyak opsi yang bisa dipilih guna menghemat baterai Mac.

Cara menghemat baterai Mac

1. Sleep mode

Saat dalam kondisi Sleep, bukan berarti Mac dimatikan ya Mams. Saat Sleep, Mac masih tetap aktif tetapi dengan lebih sedikit energi digunakan. Hal baik dari penggunaan Sleep mode, Mama tidak butuh waktu lama untuk kembali mengaktifkan layar Mac, dibanding jika Mac dimatikan dan kembali startup menggunakan tombol ON/OFF.

Untuk mengaktifkan Sleep mode, Mama hanya perlu klik pada Apple menu di layar sebelah kiri-atas, lalu tekan Sleep.

2. Low Power Mode

Seperti di iPhone, Low Power Mode bakal mengurangi penggunaan energi sehingga baterai bisa dihemat. Dalam kondisi ini, Mac diset hanya untuk melakukan hal-hal yang penting, terutama hanya untuk mendukung apa yang terlihat di layar, bukan di background.

Cara mengaktifkan Low Power Mode di Mac

  • Buka System Preferences dari Apple menu.
  • Pilih Battery.
  • Centang opsi Low Power Mode.


3. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Mematikan Wi-Fi dan Bluetooth di Mac saat tidak digunakan akan cukup membantu dalam menghemat baterai. Setelah selesai transfer file menggunakan AirDrop, misalnya, Mama bisa segera mematikan Bluetooth. Atau, saat Mama membutuhkan waktu lama untuk mengetik laporan tanpa bantuan internet, matikan saja Wi-Fi dan nyalakan kembali saat Mama selesai membuat laporan dan ingin mengirimnya melalui email.

Mematikan dan mengaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth di Mac bisa langsung dilakukan di menu bar ya Mams. Klik pada icon Wi-Fi atau Bluetooth yang muncul di menu bar, lalu pilih opsi yang Mama butuhkan.

4. Disconnect Devices

Menggunakan Bluetooh headset atau Bluetooh speaker yang terkoneksi ke Mac termasuk hal yang bakal menguras baterai Mac. Karenanya, di kondisi mendesak, Mama sebaiknya tidak perlu mengoneksikan perangkat apapun ke Mac, baik yang terhubung dengan Bluetooth ataupun dengan kabel, seperti hardisk eksternal.

5. Tutup aplikasi

Membuka banyak aplikasi tentunya membutuhkan energi baterai lebih banyak dibanding hanya membuka satu atau dua aplikasi di Mac. Meskipun di layar Mac hanya satu aplikasi yang aktif Mama gunakan tetapi sebenarnya aplikasi lain yang terbuka juga membutuhkan energi baterai untuk bisa bekerja di background. Karenanya, demi menghemat penggunaan baterai Mama perlu menutup aplikasi-aplikasi yang tidak Mama butuhkan.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama