TOP 3 Aplikasi Catatan Pengganti Notes untuk iPhone (2022)

Notes app di iOS 15 punya banyak fitur keren ya Mams. Sebut saja scan dokumen langsung dari Home screen iPhone atau bahkan mengaktifkan kamera dari dalam Notes app untuk mendapatkan fitur Live Text, yaitu memotret subyek yang berisi teks kemudian langsung bisa di-copy dan paste di Notes. Singkat kata, Notes app di iPhone sudah cukup memenuhi kebutuhan Mama akan aplikasi pencatat yang serba bisa. Meski begitu, bukan haram ya Mams hukumya jika Mama ingin install aplikasi pencatat lain dari App Store.

Selalu ada alasan untuk download aplikasi catatan guna menggantikan Notes app di iPhone. Aplikasi dari perusahaan ternama, seperti Google Keep atau Evernote, umumnya muncul di urutan pertama saat Mama mencari aplikasi alternatif Notes app di App Store. Di luar itu, ada banyak aplikasi catatan bagus yang layak Mama install di iPhone sebagai teman Notes app.

TOP 3 aplikasi alternatif Notes di iPhone

1. Notion | download di App Store

Tersedia untuk iPhone dan iPad, Notions adalah aplikasi catatan dengan reputasi baik. Dengan Notion, Mama bisa membuat banyak catatan, halaman dan tracking pages, live database, dll. Yang tak kalah menarik, aplikasi pencatat Notion dilengkapi sejumlah template yang tidak hanya membuat catatan tampil lebih menarik tetapi juga memudahkan dalam membuat catatan penting.

Untuk mendukung pekerjaan, Notion bisa Mama manfaatkan bersama rekan kerja lain guna mengerjakan sebuah tugas kantor, misalnya. Tinggal drag and drop item apapun yang ingin Mama masukkan ke dalam catatan, semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan secara real-time.

Yang tak kalah penting, Notion juga tersedia untuk versi desktop. Mama bisa membuka catatan yang dibuat menggunakan Notion, baik di komputer Mac ataupun Windows.


2. Obsidian | download di App Store

Menggunakan MarkDown, Mama perlu mengetikkan kode tertentu untuk mengubah format huruf, kata atau kalimat dan paragraf. Misalnya, untuk membuat sebuah Heading, Mama perlu menyematkan tanda satu # sebelum kalimat, sementara tanda ## untuk membuat Subheading.

Bagi Mama yang familiar dengan Markdown karena tuntutan pekerjaan, Obsidian adalah pilihan paling tepat untuk mencatat di iPhone. Aplikasi catatan Obsidian ini juga tersedia untuk iPad dan sepenuhnya support iCloud. Untuk Obsidian versi iPad, terdapat fitur sidebar pinning sementara koleksi tema yang bisa dipilih, tersedia baik di iPhone maupun iPad.


3. OneNote | download di App Store

Dibuat oleh Microsoft, OneNote adalah aplikasi catatan yang mudah digunakan. Salah satu alasannya bisa jadi karena Mama telah terbiasa menggunakan Microsoft Words di komputer sehingga tampilan dan fitur OneNote di iPhone akan mengingatkan Mama pada Words yang sama-sama dibuat oleh Microsoft.

Tidak hanya untuk mencatat, ke dalam OneNote di iPhone bisa Mama sematkan foto, gambar ataupun sketsa untuk memudahkan memahami catatan yang Mama buat. Untuk menghemat storage iPhone, catatan yang dibuat di OneNote bisa Mama simpan di OneDrive (lagi-lagi produk Microsoft) sehingga nantinya bisa Mama akses di perangkat lain, termasuk di komputer Windows.


Salah satu dari tiga aplikasi catatan di atas bisa Mama install untuk melengkapi Notes di iPhone. Mencatat hal-hal penting yang Mama jumpai di jalan, saat rapat atau saat perkuliahan, nantinya poin-poin penting di aplikasi catatan tersebut bisa Mama kembangkan melalui paragraf atau bahkan berpuluh halaman. Eh, untuk itu Mama perlu aplikasi menulis yang mumpuni ya Mams, baik aplikasi menulis untuk iPad ataupun aplikasi menulis untuk Mac, yang memudahkan Mama mengetik dan edit di layar lebar.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama