Live Text: Mencatat Pakai Kamera iPhone, Tidak Perlu Keyboard!


Jika iPhone yang Mama gunakan saat ini telah menjalankan iOS 15, Mama bisa mendapati fitur Live Text di dalamnya. Fitur ini cukup keren ya Mams karena di saat tertentu Mama hanya perlu mengaktifkan kamera iPhone untuk menyorot nomor telepon yang tertera di sebuah iklan tempel, misalnya, lalu lakukan panggilam telepon langsung untuk menghubungi nomor tersebut. Tanpa perlu mengetik!

Hal serupa berlaku pada teks yang Mama jumpai di kereta, iklan billboard, dll. Tinggal arahkan kamera pada teks selanjutnya Mama bisa copy teks tersebut lalu paste di Note atau aplikasi pencatat lain di iPhone.

Cara yang ditawarkan Live Text di iPhone ini pastinya jauh lebih mudah dan hemat waktu dibanding saat Mama harus mencatat hal yang sama menggunakan aplikasi Notes di iPhone. Dengan fitur Live Text di kamera iPhone, Mama tinggal mengarahkan kamera pada subyek yang memiliki teks, lalu lakukan copy dan paste di aplikasi menulis.

Cara menggunakan Live Text di iPhone

  1. Temukan subyek yang memiliki teks atau angka.
  2. Buka Camera app di iPhone.
  3. Arahkan lensa kamera ke subyek.
  4. Tap di subyek untuk menentukan fokus
  5. Akan muncul area dengan 4 sudut berwarna kuning yang merupakan area yang bakal dibaca oleh Live Text.
  6. Tap icon Live Text di sisi kanan-bawah untuk membuka beberap pilihan. 
  7. Teks yang dikenali oleh kamera bakal terpotong seperti text clipping di Mac



  8. Pada tahap ini Mama tidak perlu lagi mengarahkan kamera pada subyek karena subyek Live Text telah terekam dan tidak akan bergeser meskipun Mama memindah posisi iPhone.
  9. Selanjutnya Mama bisa copy teks tersebut untuk di-paste di tempat lain.
Tidak hanya bisa menyorot teks pendek, fitur Live Text di iOS 15 juga bisa mendapatkan teks berukuran panjang, seperti paragraf. Cara ini pastinya lebih mudah dan hemat waktu ya Mams daripada harus mencatat lembaran-lembaran tugas kuliah, misalnya. Juga, Mama bahkan bisa mendapatkan teks dari foto-foto yang tersimpan di gallery iPhone. Coba, yuk!

Notes: 

  1. Live Text memang menggunakan Camera app untuk menangkap subyek yang memiliki teks tetapi Mama tidak perlu tap di Camera shutter karena saat Live Text aktif, Mama tinggal copy-paste saja.
  2. Meskipun fitur Live text bisa dijumpai di iOS 15 tetapi hanya bisa dilakukan setidaknya di iPhone XS dan XR, dan rilisan iPhone setelahnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama