Long Exposure di Kamera iPhone dan Cara Memotretnya


Long exposure menjadi salah satu fitur kamera iPhone yang harus Mama coba. Ya, long exposure adalah salah satu teknik fotografi yang sangat mengagumkan. Bagaimana tidak, saat Mama memotret subyek bergerak (seperti aliran sungai, lalu lintas, dll), long exposure akan menjadikannya blur sementara subyek diam di sekitarnya (seperti pohon, dll) tetap dalam kondisi fokus dan tajam. 

Mama pasti pernah melihat hasil jepretan seperti itu, bukan? Sebut saja hasil karya para fotografer profesional yang menunjukkan kepadatan lalu lintas jalan raya di malam hari tetapi hanya terlihat sebagai garis cahaya warna-warni. Ya, seperti itulah gambaran sederhana teknik long exposure. Yang paling menarik, Mama tidak memerlukan kamera digital mahal untuk bisa membuat foto long exposure. Hanya butuh iPhone!

Cara membuat long exposure photos di iPhone

Foto dengan teknik long exposure pada dasarnya bisa dibuat di iPhone ya Mams. Tetapi jika Mama ingin hasilnya sempurna mendekati hasil kamera SLR, ada baiknya Mama perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Pakai tripod: demi menghindari getaran tangan saat menggenggam iPhone yang berpengaruh pada hasil foto.
  2. Pakai aplikasi shutter speed: meski bisa memotret dengan mode long exposure tetapi kamera iPhone belum sepenuhnya support long exposure photography karena shutter pada kamera belum memiliki kemampuan membuka dalam kurun waktu yang ditentukan.
  3. Pilih exposure setting yang tepat: bisa ditemukan di aplikasi shutter speed.

Memotret Long Exposure tanpa aplikasi tambahan

  1. Buka Camera app di iPhone.
  2. Aktifkan Live photos dari bagian atas layar iPhone, ditandai dengan berubah warna kuning.

    (Live Photos adalah kemampuan merekam foto selama 3 detik, termasuk pergerakan dan suara.)

  3. Jepret subyek yang Mama inginkan.
  4. Buka Photos app.
  5. Pilih foto yang baru Mama buat (ditandai dengan Live di bagian kiri atas)
  6. Swipe ke atas dari bagian bawah layar iPhone untuk memunculkan Effects.
  7. Swipe ke kanan di sepanjang Effects hingga menemukan Long Exposure.
  8. Tap Long Exposure.
Setelah proses di atas, Mama bisa lihat hasil jepretan Mama telah berubah menjadi foto long exposure; ditandai dengan berubahnya subyek bergerak (seperti aliran air) yang menjadi blur. Di sisi lain, subyek diam akan tetap terlihat tajam. Perbedaan inilah yang menjadikan foto long exposure terlihat cantik. Untuk menghilangkan efek long exposure, Mama bisa geser ke arah kiri di barisan Effect, tap Live.

Memotret long exposure dengan aplikasi

Menggunakan aplikasi shutter speed yang banyak tersedia di App Store, foto long exposure langsung bisa dibuat dari dalam kamera iPhone. Artinya, sekali jepret maka long exposure photo akan bisa dibuat. Ini tentunya berbeda bila Mama menggunakan teknik tanpa aplikasi seperti di atas ya Mams; long exposure photo dibuat setelah Live photo.

Beberapa aplikasi long exposure untuk iPhone yang disediakan di App Store beragam desain dan fiturnya. Aplikasi long exposure berbayar seperti Slow Sutter Cam, misalnya, dijual seharga Rp 35 ribu dan Mama tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan lain. Di dalamnya, Mama bisa memilih fitur kualitas gambar tertinggi untuk long exposure photos. Mama juga bisa menggunakan tombol Volume untuk memotret di iPhone, diperlukan saat memotret dalam orientasi horisontal.

Di aplikasi shutter speed, sebelum Mama memotret subyek, Mama bisa mengatur beberapa setting untuk menghasilkan foto long exposure yang tepat. Setting yang dimaksud termasuk Blur Strength dan Capture Duration.

Hasil dari pengaturan di aplikasi bisa langsung dilihat secara real time. Artinya, jika Mama rasa subyek bergerak terlihat terlalu blur, Mama bisa mengurangi Blur Strength sebelum menekan tombol Shutter untuk memotret. 

Penggunaan aplikasi shutter speed tentunya menghasilkan foto long exposure yang lebih baik dibanding hanya mengandalkan Camera app di iPhone dengan tambahan long exposure effect. Sekarang pilihan ada di tangan Mama; jika untuk latihan saja, sering-seringlah memotret subyek dengan Live photo sebelum diedit menggunakan Long exposure effect. Jika dirasa sudah mahir, saatnya Mama mencari aplikasi shutter speed yang pas di App Store. Yang jelas, kamera iPhone bukan cuma buat foto selfie saja ya Mams….



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama