Cara Menyembunyikan Menu Bar di Mac

Menu bar di Mac memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan Dock. Meski begitu, menu bar di Mac mampu menampung banyak informasi penting yang Mama perlukan. Selain App menu untuk mengoperasikan tiap aplikasi yang berbeda, menu bar juga merupakan tempat untuk mengakses berbagai fitur, seperti Wi-Fi dan Bluetooth, volume suara, tanggal dan jam yang selalu real time, Siri dan Spotlight Search, dan bahkan nama Mama bisa ditempatkan di menu bar agar Mac terasa lebih personal.

Seperti halnya Dock di Mac yang bisa disembunyikan, menu bar yang ada di bagian atas layar Mac juga bisa diset auto-sembunyi. Langkah ini bisa Mama lakukan agar layar Mac terasa lebih lega, selain untuk lebih fokus pada pekerjaan tanpa terganggu dengan berbagai informasi yang disajikan di menu bar.

Hingga di rilisan MacOS Catalina, fitur auto-sembunyi menu bar bisa diatur melalui System Preferences > General. Untuk MacOS Big Sur dan Monterey, Mama bisa melihat pengaturan auto-sembunyi menu bar di System Preferences > Dock & Menu Bar.

Cara mengeset auto-sembunyi Menu Bar di Mac

  1. Klik logo Apple di pojok-kiri-atas layar Mac, pilih System Preferences.
  2. Atau pilih langsung System Preferences dari Dock
  3. Di MacOS Big Sur dan Monterey, klik Dock & Menu Bar
  4. Di MacOS Catalina, pilih General.


  5. Centang opsi Automatically hide and show the menu bar. 
  6. Selesai.
Dengan cara di atas, menu bar akan otomatis sembunyi saat Mama aktif di sebuah aplikasi. Untuk mengakses App menu yang ada di menu bar, arahkan cursor ke bagian atas layar Mac maka menu bar akan kembali muncul. Demikian halnya jika Mama ingin melihat jam atau mengaktifkan Wi-Fi atau Bluetooth dan informasi lain yang ada di menu bar.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama