Cara Mengubah Tulisan Tangan Jadi Teks di Notes App (iOS 15.4)


Mengubah teks di dalam buku atau foto menjadi teks yang bisa diedit di iPhone bukan hal sulit. Mama bisa memanfaatkan fitur Live Text yang ada di iPhone sehingga teks yang ada di baliho pinggir jalan, misalnya, bisa Mama sorot pakai kamera iPhone untuk kemudian di-copy dan paste di Notes atau aplikasi catatan lain untuk iPhone. Lalu bagaimana jika yang ingin Mama masukkan Notes adalah catatan tulisan tangan?

Di iOS 15.4 (dan iPadOS 15.4) Mama bisa dengan mudah mengubah tulisan tangan menjadi teks yang bisa diedit di iPhone. Cukup dengan kamera iPhone ya Mams, tanpa perlu scanner ataupun aplikasi scanner.

Cara mengubah tulisan tangan menjadi teks di Notes App

  1. Siapkan kertas berisi tulisan tangan yang ingin Mama masukkan ke Notes app.
  2. Buka Notes app di iPhone atau iPad.
  3. Buat catatan baru atau buka dari catatan yang telah ada.
  4. Tap Camera icon yang ada di atas keyboard.
  5. Pilih Scan Text.


  6. Saat kamera aktif, posisikan catatan tangan di viewfinder.
  7. Kamera akan secara otomatis mengenali tulisan tangan dan mengubahnya menjadi teks. Tap Insert untuk memasukkan teks ke dalam catatan.
Yang menarik, fitur scan teks di iPhone ini mampu mengenali perbedaan huruf besar dan kecil. Saat proses scanning, huruf besar dan kecil di tulisan tangan dipindai secara sempurna oleh kamera iPhone sehingga teks yang dihasilkan sama persis dengan sumbernya.

Tak hanya di Notes ya Mams. Mama bahkan bisa menggunakan baik kemampuan scanning tulisan tangan ataupun scanning teks di fitur Live Text di banyak bagian iPhone. Sebut saja di kolom pencarian App Store tempat Mama juga bisa menjumpai icon Live Text di kolom Search. Artinya, Mama bisa scan sembarang teks atau tulisan tangan dari luar iPhone agar bisa masuk dalam kolom Search di App Store. Coba saja!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama