Cara Copy Teks dari Foto di Gallery iPhone (iOS 15)

(image credit: apple)

Fitur Live Text hadir di iOS 15 untuk perangkat tertentu. Menggunakan kamera iPhone, Mama bisa langsung menyorot iklan billboard untuk mendapatkan teks yang Mama butuhkan sebelum kemudian di-copy lalu paste ke Notes. Atau, jika Mama ingat pernah memotret atau screenshoot sebuah iklan tentang kursus memasak, misalnya, Mama juga bisa menggunakan fitur Live Text tanpa membuka kamera iPhone. 

Sebagai contoh, Mama memiliki foto atau hasil screenshoot tersimpan di gallery yang merupakan iklan kursus memasak. Di dalam foto tersebut tertera alamat email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Tidak perlu mencatat satu-per-satu setiap huruf dan angka karena Mama bisa menggunakan fitur Live Text langsung dari dalam Photos app. Artinya, Mama bisa copy dan paste alamat, nomor telepon, email atau teks lain yang Mama ingin simpan. 

Live Text dari foto di Camera Rol

  1. Buka Photos app di iPhone. 
  2. Temukan foto atau screenshot yang di dalamnya terdapat teks. 
  3. Tap icon Live Text di kanan-bawah. 
  4. Pilih salah satu dari opsi yang tersedia: copy, select all, dll. 
  5. Paste di tempat yang sesuai: phonebook untuk menyimpan nomor telepon, atau buka Notes untuk menyimpannya sebagai catatan.
Tidak hanya bisa menyorot teks pendek, fitur Live Text di iOS 15 juga bisa mendapatkan teks berukuran panjang, seperti paragraf. Cara ini pastinya lebih mudah dan hemat waktu ya Mams daripada harus mencatat lembaran-lembaran tugas kuliah, misalnya. 

Jika tidak punya waktu untuk melakukan Live Text secara langsung, Mama bisa potret lembaran-lembaran yang diperlukan dan simpan di Photos App. Nanti saat Mama punya waktu, Mama bisa menggunakan fitur Live Text untuk mengubah foto-foto tersebut guna mendapatkan teks yang bisa diedit di aplikasi menulis atau aplikasi catatan untuk iPhone.




Notes: 
  1. Live Text memang menggunakan Camera app untuk menangkap subyek yang memiliki teks tetapi Mama tidak perlu tap di Camera shutter karena saat Live Text aktif, Mama tinggal copy-paste saja.
  2. Meskipun fitur Live text bisa dijumpai di iOS 15 tetapi hanya bisa dilakukan setidaknya di iPhone XS dan XR, dan rilisan iPhone setelahnya.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama