Cara Cepat Pindah Tab Safari di iPhone (iOS 15)



Di iOS 15, browser Safari semakin canggih ya Mams. hal itu tak lepas dengan terus ditambahkannya fitur baru yang tidak hanya membuat Safari lebih mudah tetapi juga semakin sederhana dalam penggunaannya sehingga bisa menghemat waktu.

Beralih antar tab Safari, misalnya. Cara umum untuk berpindah antar tab Safari di iPhone maupun iPad adalah dengan tap pada tab-switcher icon yang ada di pojok-kanan-bawah. Tap pada icon ini Mama akan ditunjukkan seluruh Safari tab yang tengah terbuka. Selanjutnya bisa Mama akses salah satu tab dengan cara memilih pada salah satu tampilan mini browser. Jika dirasa cukup ribet, Safari di iPhone dan iPad punya cara cepat untuk beralih dari satu tab ke tab lainnya. 

Cara cepat pindah tab Safari di iPhone, iPad

  1. Buka Safari di iPhone atau iPad. 
  2. Buka beberapa tab untuk beberapa webpage berbeda. Contoh: blog Apple Mama, situs Apple, Google Search, Gmail, dll.
  3. Di laman Gmail, misalnya, Mama bisa swipe ke kiri di kolom URL untuk beralih ke tab blog Apple Mama. 
  4. Swipe ke kiri sekali lagi untuk beralih ke tab situs Apple, dst. 
  5. Saat tab telah habis, swipe ke kiri akan membuka sebuah tab kosong (new tab) yang bisa Mama isi URL sebuah webpage.
  6. Swipe ke kanan jika Mama ingin kembali ke tab Gmail, dst. 
  7. Swipe ke kanan lagi untuk membuka tab lain secara berurutan.


Sementara cara di atas tergolong lebih cepat dibanding menggunakan tab-switcher, ada beberapa hal penting yang perlu Mama tahu.
  1. Mama tidak bisa menggunakan cara ini untuk melompat ke tab lain yang tidak berurutan. Urutan tab bisa Mama lihat di mini browser yang ditunjukkan oleh tab switcher. 
  2. Swipe ke kiri/kanan untuk berpindah tab tidak bisa dilakukan saat iPhone dalam mode landscape, setidaknya belum bisa dilakukan di iOS 15.
  3. Keuntungan lain menggunakan cara di atas adalah kemampuan membuka new tab dengan 1x swipe saja di kolom URL. Hal ini tentunya lebih cepat dibanding harus tap pada icon + untuk menambahkan new tab.
  4. Swipe hanya dilakukan pada kolom web search atau kolom yang biasa Mama isi URL website. Jika Mama swipe tidak tepat pada kolom tersebut, atau swipe di bagian lain layar iPhone, cara di atas tidak akan berhasil dilakukan.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama