Quick Notes untuk Mencatat di Atas Aplikasi Lain (iPadOS 15)



Seberapa sering Mama menggunakan aplikasi Notes di iPad? Jika cukup sering maka sudah seharusnyalah Mama menempatkan Notes di Control Center sehingga memudahkan Mama membuka aplikasi Notes tanpa harus menggeser setiap screen page iPad.

Notes di iPad bekerja seperti halnya aplikasi lain, yakni akan terbuka secara penuh saat Mama tap icon Notes di screen iPad. Jika Mama ingin melakukan multitasking, iPadOS 15 melalui fitur Split View memungkinkan Mama membagi layar iPad menjadi dua bagian sehingga Mama bisa tetap mencatat menggunakan Notes sembari membuka aplikasi lain. Dalam hal ini kedua aplikasi akan terbuka bersebelahan. Namun tahukah Mama kalau tidak selamanya Mama harus menggunakan Split View guna membuat catatan sembari membuka aplikasi lain?

Di iPad yang telah menjalankan iPadOS 15, aplikasi Notes memiliki versi tersembunyi yang dibuat jauh lebih sederhana dibanding Notes yang biasa Mama akses melalui icon di Home screen. Quick Notes, aplikasi ini memungkinkan Mama fokus membuat catatan tanpa kehilangan fitur inti dari Notes, termasuk menyertakan link webpage yang bisa Mama klik untuk diakses di lain waktu. Yang tak kalah menarik, Quick Notes yang dibuka berbarengan aplikasi lain tidak membagi layar iPad menjadi dua bagian seperti di Split View. Dalam hal ini aplikasi Quick Notes memiliki ukuran lebih kecil dan dibuat melayang di atas aplikasi lain.

Cara mengakses Quick Notes di iPad

  1. Buka Safari app (atau aplikasi lain) di iPad.
  2. Buka webpage yang Mama inginkan. 
  3. Dari pojok kanan-bawah layar iPad, swipe ke atas hingga ke tengah screen.
  4. Mama akan mendapati aplikasi catatan berukuran persegi yang ikut bergerak seiring ujung jari Mama. 
  5. Lepaskan untuk mulai mencatat.
  6. Di bagian paling atas, tap add link untuk menambahkan URL dari webpage yang tengah Mama buka.



  7. Di bagian kanan atas catatan, ada beberapa icon yang bisa Mama tap.
    • Icon kertas + pensil: untuk menambah halaman catatan baru. Jika tap icon ini Mama akan diarahkan pada lembar kosong yang merupakan lembar kedua (dst.) dari catatan yang sebelumnya telah Mama buat.
    • Icon 3-titik:  berisi dua opsi (1) share catatan, (2) menghapus catatan.
    • Icon 4-persegi: untuk menampilkan seluruh Quick Notes di Notes app. Dalam hal ini Quick Notes adalah bagian dari Notes sehingga apa yang Mama tulis di Quick Notes akan tersimpan di Notes dalam folder terpisah bernama Quick Notes. 

Dengan cara mudah seperti di atas Mama bisa dengan cepat membuka Quick Notes untuk mencatat. Cara ini akan sangat membantu saat Mama tengah mengikuti meeting dadakan atau tengah dalam kelas untuk mencatat hal-hal penting. Nantinya catatan tersebut bisa Mama selesaikan di aplikasi menulis untuk iPad yang memiliki fitur lebih lengkap. 

Selain bisa dibuka di atas aplikasi lain, Quick Notes bisa juga dibuka melayang di atas Home screen atau page screen iPad. Tetapi Jika karena satu atau lain hal iPad yang Mama gunakan tidak bisa memunculkan Quick Notes, coba cek melalui Settings app untuk mengaktifkannya. 

Cara mengaktifkan Quick Notes di iPad

  1. Buka Settings app di iPad. 
  2. Tap General
  3. tap Gestures

     

  4. Di baigian paling bawah, tap Right Corner Gestures, pilih Quick Notes


Melalui pengaturan ini Mama juga bisa menentukan sebuah action baru melalui Left Corner Gestures. Artinya, saat Mama swipe-up dari pojok-kiri-bawah layar iPad, Mama bisa memunculkan Quick Notes atau menggunakannya untuk screenshot. Jika tidak ingin keduanya, pilih OFF untuk mematikan. 



 Cara memunculkan Quick Notes di atas aplikasi lain di iPad juga bisa Mama lihat melalui short video dari Youtube Channel Apple Mama berikut:




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama