Jam di iPhone Tidak Akurat, Ini 4 Sebab dan Cara Mengatasinya


Saat setup iPhone baru, Mama akan diminta memasukkan beberapa informasi yang nantinya akan membantu iPhone bekerja dengan benar. Informasi yang dimaksud termasuk data lokasi dan pilihan bahasa yang akan Mama pakai untuk mengoperasikan iPhone.

Memasukkan lokasi Makassar, misalnya, akan menentukan pembagian waktu mana yang tepat untuk iPhone. Dalam hal ini iPhone akan diset menggunakan waktu WITA alias Waktu Indonesia Bagian Tengah. 

Namun setelah sekian waktu dipakai, tidak menutup kemungkinan akan ada error pada penunjuk waktu. Setidaknya ada empat sebab jam di iPhone tidak real time

  1. Location Service tidak aktif sehingga saat Mama, misalnya, bepergian dari wilayah WITA ke wilayah WIB, iPhone tidak bisa menyesuaikan jam dengan tepat.
  2. Time Zone salah setting; jika Mama tinggal di wilayah WITA tetapi iPhone diset dengan wilayah WIB, tentu jam tidak akan pernah sesuai ya Mams.
  3. Pengaturan otomatis untuk tanggal dan jam tidak aktif sehingga iPhone tidak bisa menyesuaikan beberapa waktu penting, termasuk saat Daylight Saving Time yang umum dilakukan Eropa, Amerika, Kanada, Australia, dan beberapa negara lain, ketika waktu harus maju/mundur satu jam.
  4. iPhone belum update ke iOS terbaru.
Jika iPhone yang Mama gunakan saat ini mengalami masalah pada jam yang tidak akurat, bisa jadi penyebabnya ada pada salah satu poin di atas. Sebelum melakukan setting ulang untuk beberapa hal, Mama pastikan iPhone telah terinstall iOS terbaru yang paling sesuai dengan iPhone yang Mama miliki.

Mengaktifkan Location Service di iPhone

  1. Buka Settings app.
  2. Scroll ke bawah, tap Privacy.
  3. Tap Location Service, geser toggle ke arah ON untuk mengaktifkan. Saat Location Service aktif, fungsi otomatis Date & Time akan bisa disetel.
  4. Jika sebelumnya Location Service telah aktif tetapi penunjuk waktu belum tepat, cobalah mematikan Location Service lalu aktifkan kembali sesaat kemudian.

Mengeset jam di iPhone secara otomatis dan manual

  1. Buka Settings app.
  2. Tap General.
  3. Tap Date & Time.



  4. Cek pada opsi Set Automatically. Jika belum aktif, geser toggle untuk mengaktifkan. Saat opsi ini aktif, iPhone yang Mama pakai otomatis akan menyesuaikan jam dengan jaringan selular atau Wi-Fi di lokasi Mama.
  5. Untuk me-reset, matikan opsi Set Automatically lalu aktifkan sesaat kemudian.
  6. Sebaliknya, Mama juga bisa mengeset jam iPhone secara manual. Sebelumnya, opsi Set Automatically haarus dimatikan ya Mams.
  7. Kemudian tap Time Zone.
  8. Tap pada kolom Search untuk menemukan kota yang Mama inginkan.
  9. Tap opsi Date untuk memasukkan tanggal yang sesuai.
  10. Tap opsi Time untuk memasukkan jam secara manual.


  11. Perubahan akan disimpan secara otomatis.
  12. Selesai.

Mengeset tanggal di iPhone yang tidak akurat

  1. Buka Settings app.
  2. Scroll ke bawah, tap Calendar.
  3. Scroll ke bawah, pilih Default Calendar.
  4. Pastikan Calendar yang aktif telah terhubung dengan akun atau user ID yang benar.
  5. Jika akun atau user ID yang Mama maksud tidak ditampailkan, tap Back.
  6. Scroll ke atas, pilih Accounts.
  7. Tap Add Account untuk menambahkan akun.
  8. Ikuti petunjuk di layar iPhone untuk menambahkan akun baru.
  9. Setelah selesai, kembalilah ke menu Default Calendar.


  10. Pilih akun yang baru Mama buat.
  11. Jika tanggal di iPhone belum juga akurat, Mama perlu mengatur Time Zone Override.

Cara mengatur tanggal di iPhone menggunakan Time Zone Override

  1. Buka Settings app.
  2. Scroll ke bawah, tap Calendar.
  3. Tap Time Zone Override.



  4. Atur toggle Time Zone Override ke arah ON atau OFF:
    - Time Zone Override ON: kalender akan menyesuaikan zona waktu yang sebelumnya telah Mama atur untuk iPhone. Mama bisa mengubah zona waktu secara manual saat Time Zone Override aktif.
    - Time Zone Override OFF: kalender akan menyesuaikan pergerakan yang Mama lakukan bersama iPhone. Misalnya, pada jam 23:00 Mama berada di area WITA lalu satu jam kemudian Mama melakukan perjalananan udara dan telah sampai di area WIB, maka kalender akan menyesuaikan lokasi dan jam, yakni tetap di jam 23:00 WIB dengan tanggal yang sama.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama