Cara re-Open Tab Safari yang Baru Ditutup di iPhone, iPad (iOS 15)


Safari masih menjadi andalan pengguna iPhone dan iPad meskipun ada banyak browser alternatifnya. Hal itu tak lepas dari terus diberikannya update pada Safari, termasuk fitur tab yang semakin lengkap.

Seperti halnya Safari di Mac, tab di Safari iPhone atau iPad bisa Mama manfaatkan untuk membuka banyak webpage berbeda, bahkan bisa dikelompokkan berdasarkan kategori yang Mama buat, seperti website untuk resep masakan, website untuk nonton drama Korea, website untuk baca berita, dll.

Di iOS 15 (juga iPadOS 15), Mama bisa menjumpai fitur tab Safari yang serupa dengan Safari di Mac. Yang dimaksud adalah kemampuan mengakses kembali tab yang baru Mama tutup. Tidak perlu mengingat-ingat kembali website apa yang Mama baca kemarin saat Mama menemukan artikel menarik tentang aplikasi nonton drakor, misalnya, karena Safari di iOS 15 punya kemampuan untuk mengakses tab yang sudah Mama tutup.

Cara mengkases kembali tab Safari yang telah ditutup di iPhone

  1. Buka Safari app di iPhone.
  2. Tekan tombol tab switcher. Di iPhone, tab switcher terletak di pojok-kanan bawah.
  3. Tekan dan tahan tombol PLUS (+).




  4. Akan terlihat daftar webpage yang pernah Mama akses dan telah ditutup. Mama bisa scroll ke atas atau bawah untuk menemukan webpage yang Mama maksud.
  5. Tap di URL webpage yang Mama inginkan untuk membukanya di tab baru.
  6. Selesai.

Cara mengkases kembali tab Safari yang telah ditutup di iPad

  1. Buka Safari app di iPad.
  2. Tekan dan tahan tombol PLUS (+) di pojok-kanan atas.
  3. Di bawah opsi Close Tabs, bisa dilihat daftar webpage yang pernah Mama akses dan telah ditutup. Mama bisa scroll ke atas atau bawah untuk menemukan webpage yang Mama maksud.
  4. Tap di URL webpage yang Mama inginkan untuk membukanya di tab baru.
  5. Selesai.

    (recently closed tabs di iPad)

Berbeda dengan bookmark Safari yang memang sengaja Mama simpan untuk diakses di lain waktu, fitur menyimpan tab yang baru ditutup di Safari dibuat untuk Mama yang tanpa sengaja menutup tab. Atau, ingin mengakses kembali website yang Mama butuhkan sementara website tersebut belum Mama masukkan bookmark.

Satu catatan yang perlu Mama tahu, fitur reopen webpage yang telah ditutup di Safari ini tidak berlaku jika Mama sebelumnya membuka webpage yang Mama maksud menggunakan Private Browsing Mode.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama