Cara Menghapus Apple Device dari Apple ID (iPhone, iPad)


Tahu dong Mams kalau sebuah perangkat Apple hanya bisa diaktifkan jika Mama memiliki Apple ID. Nah, sebuah Apple ID yang Mama punya saat ini bisa dipakai untuk mengaktifkan lebih dari satu perangkat Apple. Sebut saja Mama punya satu iPhone, satu iPad, satu MacBook Pro. Ketiga perangkat Apple tersebut bisa Mama aktifkan menggunakan satu Apple ID sehingga apa yang Mama lakukan di iPhone, misalnya, bisa dilanjutkan di iPad atau di MacBook Pro.

Jika Mama ingin menggunakan Apple ID berbeda di tiap Apple device yang Mama punya, tentu tidak jadi soal ya Mams. Hanya, jika Mama menggunakan satu Apple ID untuk beberapa perangkat, backup dan sync antar aplikasi akan lebih mudah dilakukan, termasuk Safari sync. 

Jika Mama saat ini telah menggunakan satu Apple ID untuk beberapa perangkat Apple, bisakah Mama menghapus salah satu atau dua perangkat dari Apple ID tersebut? Jawabannya tentu bisa. Tapi sebelum Mama memutuskan menghapus satu atau lebih perangkat Apple dari sebuah Apple ID, Mama perlu tahu terlebih dulu dampak dari menghapus sebuah Apple device dari Apple ID.

Saat sebuah iPhone, misalnya, tidak lagi menggunakan sebuah Apple ID maka iPhone tersebut tidak lagi mendapatkan notifikasi, pesan ataupun kode autentikasi 2 faktor yang sebelumnya diset untuk iPhone itu. Juga, iPhone tidak lagi terkoneksi ke iCloud, tidak lagi bisa membeli aplikasi atau game di App Store, sync dengan device lain ataupun melakukan backup. Singkat kata, sebuah iPhone tidak akan berfungsi baik jika tidak terkoneksi dengan Apple ID. Jika Mama memutuskan menggunakan Apple ID baru, semua data termasuk riwayat pembelian aplikasi di App Store tidak akan muncul.

Cara remove perangkat Apple dari iPhone/iPad

  1. Buka Settings di iPhone atau iPad.
  2. Tap Apple ID di bagian atas.


  3. Scroll ke bawah, akan terlihat device apa saja yang terkoneksi dengan Apple ID tersebut.
  4. Pilih satu perangkat Apple yang ingin Mama hapus dari Appe ID.
  5. Di Device Info, tap Remove from Account.
  6. Akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa menghapus Apple device tersebut bakal menutup akses dari device ke iCloud dan layanan Apple lainnya.
  7. Tap Remove.
  8. Tergantung dari perangkat Apple yang dihapus dari Apple ID, akan ada notifikasi yang meminta Mama untuk menghubungi operator selular guna menon-aktifkan SIM card.

Saat proses selesai, perangkat yang Mama pakai untuk menghapus perangkat Apple lain ini masih memiliki data login dan akan meminta Mama untuk login kembali menggunakan perangkat Apple yang telah terhapus. Karenanya, jika Mama ingin masih perlu logout secara manual di perangkat yang telah Mama keluarkan dari Apple ID tadi.
  1. Buka Setting app di perangkat Apple yang telah Mama remove.
  2. Tap Apple ID di bagian atas.
  3. Scroll ke bawah, tap Sign Out.



  4. Masukkan password Apple ID.
  5. Tap Turn Off.

Setelah keluar dari Apple ID tersebut, Mama masih bisa kembali login menggunakan Apple ID yang sama. Atau, bisa menggunakan Apple ID lain. Namun perlu dicatat bahwa cara ini tidak menghapus seluruh data dan informasi yang sebelumnya ada di perangkat tersebut. Jika Mama berencana memberikan iPhone atau iPad ini kepada orang lain, atau menjualnya, Mama masih perlu melakukan reset device guna menghapus seluruh data yang ada.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama