Cara Backup Foto iPhone ke Google Drive


Photos app adalah aplikasi default di iPhone yang otomatis menyimpan foto hasil jepretan kamera. Selain itu Photos juga menyimpan hasil screenshot yang Mama buat di layar iPhone. Mengingat setiap model iPhone memiliki kapasitas penyimpanan beragam, bisa jadi apa yang Mama simpan di Photos hampir melebihi kapasitas maksimum, jika Mama tidak mengaktifkan iCloud untuk backup foto. 

Berlangganan iCloud bisa menjadi solusi jika koleksi foto Mama di satu akun Apple ID telah memenuhi kapasitas 5GB gratis yang disediakan iCloud. Tetapi jika Mama tidak ingin berlangganan iCloud, selalu ada opsi lain yang bisa Mama ambil.

Google Photos dan Google Drive adalah salah satu jalan keluar untuk menyimpan koleksi foto Mama di iPhone. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini tentu saja terlebih dulu Mama harus download Google Photos di App Store.

Jika Mama baru pertama kali menggunakan Google Photos, aplikasi akan menanyakan apakah Mama ingin backup seluruh foto di iPhone ke Google Photos atau tidak. Namun jika di masa lalu Mama melewatkan pilihan tersebut, Mama tetap bisa backup foto ke Google Drive kapanpun Mama mau.

Cara menyimpan banyak foto sekaligus dari iPhone ke Google Drive

  1. Buka Google Photos app di iPhone.
  2. Tap foto profil di kanan atas
  3. Tap Google Photos Settings.
  4. Tap Backup & Sync. 


  5. Di bagian atas, geser toggle Backup & Sync ke arah ON.
  6. Di bagian bawah, pilih opsi kualitas foto yang bakal diupload.
  7. Google Photos akan melakukan upload seluruh foto ke Google Drive.


Jika koleksi foto di iPhone cukup banyak dan Mama memilih foto dengan kualitas asli untuk di-upload, tentu saja akan butuh waktu untuk upload semua foto dari iPhone ke Google Drive ya Mams. 

Selain itu perlu pula diingat kalau Google Drive gratisan hanya untuk 15GB pertama. Selebihnya, Mama bisa membeli kapasitas penyimpanan 100GB Google Drive dengan biaya dibebankan setiap bulan dan dapat dihentikan sewaktu-waktu Mama tidak lagi membutuhkan. Karenya, Mama perlu memperhatikan beberapa hal penting sebelum backup foto dari iPhone ke Google Drive. Atau, kalau hanya satu atau dua foto saja yang ingin di-upload ke Google Drive, Mama tidak perlu melakukan backup foto secara keseluruhan.

Dalam hal ini pengguna iPhone tampaknya lebih memilih berlangganan iCloud ya Mams daripada Google Drive. Kalau Mama, pilih berlangganan Google Drive atau berlangganan iCloud Plus?


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama